5 Tips Menjelajah Hutan Bakau di Bali - Kompas.com

5 Tips Menjelajah Hutan Bakau di Bali

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 12/01/2018, 18:21 WIB
Kawasan wisata mangrove di Mangrove Information Center, Bali.KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Kawasan wisata mangrove di Mangrove Information Center, Bali.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bali memang tak ada habisnya untuk dijelajahi, selain pantai wisata alam yang tak kalah menarik ialah bakau atau mangrove. Hanya 10 menit dari bandara, ada wisata mangrove yang bisa jadi destinasi alternatif sarat edukasi.

Taman Hutan Raya Ngurah Rai atau Mangrove Information Center (MIC), ini lokasinya cukup strategis. MIC berada di kawasan Suwung Kauh, Denpasar, Bali, tepatnya di Jalan By Pass Ngurah Rai.

Bagi yang baru pertama berkunjung ke sini, berikut tipsnya dari KompasTravel:

1. Aktivitas yang Dilakukan

Seperti halnya menikmati wisata mangrove lain, di sini juga Anda bisa bersantai menikmati ekosistem yang segar. Terdapat mangrove track untuk menelusuri keindahan hutan alami ini.

Baca juga : Sejuknya Wisata Mangrove di Denpasar Tak Kalah dengan Pantainya

Sesekali dapat ditemukan berbagai hewan-hewan khas mangrove seperti burung-burung, ikan, kepiting, ular rawa dan banyak lainnya. Terdapat tempat istirahat, tempat mancing, dan tower untuk memandang indahnya seluruh kawasan, hingga teluk benoa.

2. Perhatikan Waktu Kunjung

Obyek wisata ini memang buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WITA. Namun, untuk menghindari panasnya matahari, Anda bisa datang di waktu pagi ataupun sore harinya.

Baca juga : Asosiasi India Bali Siap Bantu Pulihkan Pariwisata Bali

Pagi hari akan terasa sangat segar dengan oksigen yang amat kaya di sini. Namun, di sore hari juga bisa jadi pilihan, karena Anda bisa melihat matahari tenggelam dari atas tower.

3. Lotion Anti Nyamuk

Satu barang yang tidak boleh terlewat ialah lotion anti nyamuk. Karena hutan mangrove merupakan salah satu habitat nyamuk.

Anda bisa membelinya di banyak minimarket sekitar bandara, ataupun jalan menuju ke sana.

4. Bawa Perbekalan dan Trashbag

Bagi Anda yang berkunjung, jangan lupa membawa perbekalan, seperti snack dan minuman. Pasalnya luasnya kawasan mangrove ini akan sulit menemukan penjual makanan dan minuman. Jangan lupa bawa kembali sampahnya dengan trashbag atau tas yang Anda bawa.

5. Harga Tiket

Wisatawan hanya perlu membeli tiket Rp 10.000 per orang, untuk masuk dan menikmati keindahannya. Sedangkan untuk biaya parkir mobil sebesar Rp 2.000 per mobil.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM