Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agenda Wisata 2018 Surabaya, Ada Festival sampai Kuliner Kembang Jepun

Kompas.com - 15/01/2018, 11:36 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Beragam kegiatan wisata disiapkan Pemkot Surabaya di sepanjang 2018. Dari Festival Kalimas, Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan, hingga Festival Kembang Jepun.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Surabaya, Widodo Suryantoro, sudah mencatat 51 event dan 45 kegiatan yang dipersiapkan untuk mendongkrak kunjunga wisatawan di Surabaya berupa event kebudayaan, kreativitas, promosi wisata, seni, UKM dan olahraga.

(Baca juga : Kisah Sambal Bu Rudy yang Melegenda di Surabaya)

Meski konsepnya hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, namun dia memastikan, semua agenda wisata akan dikemas lebih menarik. "Yang pasti, setiap tahun akan dikemas beda dan pastinya lebih menarik," katanya, Senin (15/1/2018).

Dicontohkan Widodo seperti Festival Kalimas, akan ditampilkan pergelaran teater di atas kapal yang mengapung di atas Sungai Kalimas. "Temanya tentang sejarah Sungai Kalimas yang membelah Kota Surabaya," jelasnya.

(Baca juga : Rawon Kalkulator sampai Rawon Setan Harus Anda Coba di Surabaya)

Selain itu, pada agenda "Mlaku - Mlaku Nang Tunjungan" akan digelar selama 6 kali selama 2018. Di sepanjang Jalan Tunjungan itu, akan digelar festival kuliner dan festival produk UKM khas Surabaya.

Suasana malam di Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (6/8/2016). Bangunan tua dan lampu-lampu hias membuat Jalan Tunjungan menjadi salah satu spot favorit liburan di Surabaya.KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Suasana malam di Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (6/8/2016). Bangunan tua dan lampu-lampu hias membuat Jalan Tunjungan menjadi salah satu spot favorit liburan di Surabaya.
Sementara di Jalan Kembang Jepun, konsepnya hampir sama, yakni menghidupkan kembali Jalan Kembang Jepun yang dulu merupakan pasar warga keturunan Tionghoa yang ada di Surabaya. "Di Jalan Kembang Jepun akan ada kuliner dan juga produk UKM," kata Widodo.

Melalui berbagai agenda wisata itu, diharapkan kunjungan wisatawan pada 2018 di Surabaya akan terus meningkat. "Kami punya target kunjungan wisatawan sepanjang 2018 mencapai 27.270.270 wisatawan. Pada 2017 target wisatawan kita 19 juta, namun sampai akhir Desember 2017 pengunjung sudah mencapai sekitar 24 juta," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com