Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Paket Wisata, Pemerintah Manfaatkan Asian Games dan Meeting IMF

Kompas.com - 19/01/2018, 19:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua acara internasional besar di 2018 akan jadi incaran penjualan paket 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP). Dua acara besar yang mengundang ribuan peserta dari puluhan negara tersebut ialah Asian Games dan Annual Meeting IMF.

Ketua Tim Percepatan 10 destinasi prioritas pariwisata Kemenpar, Hiramsyah S. Thaib mengatakan belum ada fokus target perkembangan wisatawan mancanegara di 10 destinasi tersebut.

Namun, berbagai usaha terus dilakukan untuk menarik minat wisatawan, termasuk memanfaatkan dua acara besar Internasional di Indonesia.

(Baca juga : Jelang Asian Games, Sumsel Promosikan Wisata Sungai)

"Di Asian Games dan Annual Meeting IMF akan kita jadikan momentum untuk mengangkat ini (10 DPP). Kita tidak hanya menjual paket wisata di Bali tapi kita juga jual ke Lombok, Toba, Labuan Bajo, dan sifatnya tematik, keistimewaan tiap destinasi berbeda," tandasnya.

Ia menekankan untuk menjual paket-paket wisata tematik lewat Visit Indonesia Wonderful Indonesia (VIWI) sebagai motornya. Setiap 10 destinasi prioritas tersebut akan memegang tema dan ketertarikannya masing masing.

Sejumlah wisatawan mancanegara berada di Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10). Pantai Mandalika yang berada dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan termasuk dalam 10 destinasi wisata prioritas nasional ini memiliki daya tarik berupa pantai sepanjang 14,6 km yang membentang dari barat hingga ujung timur Pantai Tanjung Aan dengan keunikan pasir putihnya menyerupai biji merica. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/kye/17 ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Sejumlah wisatawan mancanegara berada di Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10). Pantai Mandalika yang berada dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan termasuk dalam 10 destinasi wisata prioritas nasional ini memiliki daya tarik berupa pantai sepanjang 14,6 km yang membentang dari barat hingga ujung timur Pantai Tanjung Aan dengan keunikan pasir putihnya menyerupai biji merica. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/kye/17
"Ia tematik itu harus kita tekankan, beda destinasi beda juga interest-nya. Buat yang mau adventure ada Bromo, diving ada Pulau Komodo, Wakatobi, dan yang lainnya juga," tutur Hiramsyah.

Namun, dirinya belum bisa berbicara mengenai target kunjungan pariwisata dari kedua acara besar tersebut untuk 10 destinasi pariwisata prioritas. 

(Baca juga : Indonesia Akan Pamerkan 5 Destinasi kepada IMF dan Bank Dunia)

Adapun 10 destinasi Bali Baru yang dikembangkan pemerintah adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Morotai di Maluku Utara.

Sementara itu Asian Games sendiri akan diadakan di Palembang dan Sekitar Jakarta, hingga Bandung, pada 18 Agustus - 2 September 2018. Sementara, Annual Meeting IMF akan diadakan di Nusa Dua Bali, Indonesia, pada bulan Oktober 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com