Tak Hanya Menikmati Seni Gelas, Anda Bisa Membuatnya Sendiri di Nagano - Kompas.com
Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

Tak Hanya Menikmati Seni Gelas, Anda Bisa Membuatnya Sendiri di Nagano

Kompas.com - 20/01/2018, 10:04 WIB
Fuki-garasu adalah cara pembuatan gelas atau vas yang dibuat dengan cara membentuk gumpalan kaca panas yang pada besi yang panjangnya satu meter, kemudian ditiup hingga bentuknya jadi sesuai selera. Pembuatan gelas ini bisa ditemui di Museum Azumino Art Hills di Prefektur Nagano, Jepang.KARAKSA MEDIA Fuki-garasu adalah cara pembuatan gelas atau vas yang dibuat dengan cara membentuk gumpalan kaca panas yang pada besi yang panjangnya satu meter, kemudian ditiup hingga bentuknya jadi sesuai selera. Pembuatan gelas ini bisa ditemui di Museum Azumino Art Hills di Prefektur Nagano, Jepang.

KOMPAS.com - Azumino Art Hills Museum adalah museum yang terletak di Prefektur Nagano, Jepang yang memamerkan hasil karya seni dari seniman kaca yang populer di dunia, Emile Galle.

Selain dapat menikmati seni gelas nan cantik, kegiatan populer lainnya adalah membuat gelas sendiri. Melalui kegiatan ini, sang pembuat diharapkan dapat merasakan secara langsung betapa menariknya bahan pembuatan gelas tersebut.

Baca juga : Ini Salah Satu Tempat Terbaik Melihat Bunga Sakura di Jepang

Ada dua jenis pembuatan gelas yang bisa dibuat langsung oleh pengunjung, “Fuki-garasu” dan “Tombo-tama”. Seperti apa cara pembuatan gelas original buatan sendiri yang hanya ada satu di dunia? Mari simak liputannya.

Museum Azumino Art Hills di Prefektur Nagano, Jepang. Selain dapat menikmati seni gelas nan cantik, kegiatan populer lainnya adalah membuat gelas sendiri.KARAKSA MEDIA Museum Azumino Art Hills di Prefektur Nagano, Jepang. Selain dapat menikmati seni gelas nan cantik, kegiatan populer lainnya adalah membuat gelas sendiri.
Fuki-garasu (fuki: tiup, garasu: gelas) adalah cara pembuatan gelas atau vas yang dibuat dengan cara membentuk gumpalan kaca panas yang pada besi yang panjangnya satu meter, kemudian ditiup hingga bentuknya jadi sesuai selera.

Dari empat bentuk botol, pengunjung dapat memilih salah satu yang ingin dibuat. Kegiatan ini memakan waktu kurang lebih 15 menit dengan bantuan staf di sana.

Pembuatan gelas ini bisa ditemui di Museum Azumino Art Hills di Prefektur Nagano, Jepang.KARAKSA MEDIA Pembuatan gelas ini bisa ditemui di Museum Azumino Art Hills di Prefektur Nagano, Jepang.
Produk jadi hanya bisa diambil keesokan harinya mulai jam 10 pagi atau dikirimkan melalui pos esok lusanya (dengan tambahan biaya pengiriman).

Tombo-tama adalah ornamen yang ukurannya lebih kecil yang dibuat dengan membalutkan lelehan kaca yang lebih pipih dan panjang (30 cm) pada tongkat baja.

Tombo-tama adalah ornamen yang ukurannya lebih kecil yang dibuat dengan membalutkan lelehan kaca yang lebih pipih dan panjang (30 cm) pada tongkat baja. Pembuatan gelas ini bisa ditemui di Museum Azumino Art Hills di Prefektur Nagano, Jepang.KARAKSA MEDIA Tombo-tama adalah ornamen yang ukurannya lebih kecil yang dibuat dengan membalutkan lelehan kaca yang lebih pipih dan panjang (30 cm) pada tongkat baja. Pembuatan gelas ini bisa ditemui di Museum Azumino Art Hills di Prefektur Nagano, Jepang.
Pada sisinya dapat dihias dengan pola marmer, garis, bunga, dan lainnya yang bisa dipilih sesuai selera.

Setelah selesai dibuat, tombo tama harus didinginkan selama satu jam sebelum dikalungkan atau dijadikan manik-manik gelang. Kegiatan ini hanya bisa diikuti oleh siswa SMP ke atas (atas dasar keamanan).

Setelah selesai dibuat, tombo tama harus didinginkan selama satu jam sebelum dikalungkan atau dijadikan manik-manik gelang. Kegiatan ini bisa ditemui di Museum Azumino Art Hills di Prefektur Nagano, Jepang.KARAKSA MEDIA Setelah selesai dibuat, tombo tama harus didinginkan selama satu jam sebelum dikalungkan atau dijadikan manik-manik gelang. Kegiatan ini bisa ditemui di Museum Azumino Art Hills di Prefektur Nagano, Jepang.

Informasi tempat
Alamat: Nagano-ken, Azumino-shi, Hotaka-ariake 8161-1
Buka: 1 April-31 Oktober 09.00-18.00, 1 November-8 Januari    09.00-17.00, 10 Januari-28 Februari 09.00-16.00
Libur: museum, restoran setiap hari Selasa, 1 November-8 Januari    (Selasa), 10 Januari-28 Februari (Selasa), 6-13 Februari seluruh bagian gedung tutup
Biaya: Emil Galle museum, SD ke atas 800 Yen, Pembuatan gelas mulai 1.200 Yen tergantung barang yang dibuat.

Provided by Japan Walker™, Tokyo Walker™  (6 Desember 2017)

EditorI Made Asdhiana
Komentar