Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Keliling Dunia Menggunakan Mobil Sendiri

Kompas.com - 23/01/2018, 10:55 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepasang kakek dan nenek dari Indonesia baru saja pulang 5 Januari 2017 setelah berkeliling dunia. Mereka mengelilingi berbagai negara di dunia dengan menggunakan mobil pribadinya dari Indonesia.

Berbagai hal unik dialami pasangan Teddy Unggul Wicaksono (55) dan Yana Kusryanti (55). Mulai tertahan masuk negara, menggunakan mobil kemudi kanan di negara dengan peraturan mobil kemudi kiri, hingga kendala bahasa.

(Baca juga : Pakai Mobil, Pasangan Kakek Nenek Ini 8 Bulan Keliling Dunia)

Mereka menyajikan berbagai tips bagi traveler yang berminat mengikuti jejaknya. Barikut tips yang dirangkum KompasTravel, dari wawancara mereka di studio KompasTV, Minggu (21/1/2017).

1. Kesulitan Berbahasa Setempat

Terdapat beberapa negara di dunia yang tidak mewajibkan bahasa Inggris. Bahkan masyarakatnya sangat tidak lazim dengan bahasa Inggris. Teddy merekomendasikan untuk benar-benar memanfaatkan teknologi translate.

"Di perbatasan Rusia itu kita ngomong benar-benar menggunakan google translate. Saya ngomong dalam bahasa Inggris lalu diperlihatkan setelah di translate," terangnya.

Lapangan Merah di Moskwa.
THINKSTOCKPHOTOS Lapangan Merah di Moskwa.
Ada pula saat mereka datang ke negara Tirai Bambu. Ada kebijakan wajib menggunakan guide lokal. Sehingga sangat membantu untuk berkomunikasi dengan masyarakat umum.

2. Mengendarai Mobil Indonesia di Negara dengan Peraturan Kemudi Kiri

Menurutnya sebenarnya boleh-boleh saja, hanya kita yang harus awas, jangan sampai mengganggu lalu lintas.

Ia berpesan agar sang pengemudi berpatokan dengan trotoar. Pengemudi harus selalu ingat jika ia berada di samping trotoar, itulah jalan yang benar.

Lalu untuk mendahului perlu kerja sama dengan pendamping atau yang duduk di kiri bangku depan, untuk melihat kondisi mobil di depannya.

Angkor Wat di Kamboja.NOVA DIEN Angkor Wat di Kamboja.
"Kesulitan mulai berkendara di jalur kanan itu di Kamboja. Tipsnya kita harus ingat kalau kita itu di samping trotoar, itu jalan yang benar. Walau sering juga saat jalanan kosong jadi lupa," tuturnya sambil tertawa.

Ia mengatakan hampir semua negara yang dikunjunginya memiliki etika disiplin dalam berkendara.

3. Menghemat Bawaan

Menurutnya walaupun ia berkeliling banyak negara, tetapi perbekalan yang dibawa tidak perlu berlebihan. Hal yang mereka pelajari ialah bisa menghemat bekal pakaian. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com