Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah dan Murah Menuju "Surga" di Eropa Tenggara (2)

Kompas.com - 23/01/2018, 18:40 WIB
Hilda B Alexander,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

SOFIA, KOMPAS.com - Siapa bilang berlibur ke Eropa mahal? Saya telah membuktikan bahwa menghabiskan cuti dan lari dari rutinitas kerja sehari-hari menikmati "surga-surga" di belahan benua putih ini justru murah.

Tak hanya murah, juga mudah. Semudah jari jemari menekan tombol "yes" pada aplikasi maskapai penerbangan atau hotel yang dipesan di gawai Anda.

Semudah itu? Ya.

Namun, untuk dapat menikmati kemudahan tanpa menguras dompet, Anda tentu harus cerdik dan pintar bersiasat.

Pertama, pilih waktu terbaik. Hindari saat-saat puncak liburan (peak seasons). Bila Anda bepergian pada masa puncak liburan seperti summer, atau spring, sama saja bunuh diri. 

Tidak saja membunuh uang yang susah payah Anda tabung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, melainkan juga perasaan Anda akan menjadi korban. 

Belogradchik Rocks, salah satu destinasi wisata Bulgaria.Hilda B Alexander/Kompas.com Belogradchik Rocks, salah satu destinasi wisata Bulgaria.
Bisa jadi, selama liburan, alih-alih menikmati keindahan panorama nirwana-nirwana Eropa yang spektakuler, Anda justru memikirkan bagaimana mengembalikan tabungan, atau malah melunasi kartu kredit.

Pasalnya, harga tiketnya saja bisa di atas Rp 10 juta. Tak jarang, sudah harga promo pun, masih di atas Rp 7 juta atau Rp 8 juta sekali terbang. Belum lagi biaya hotel dan makan.

"Itu akan dua kali lipat," kata teman saya Raka.

Hindari itu!

So, pilih bulan Desember, Januari, dan Februari. Semakin mendekati musim salju, akan semakin landai harga-harga yang terkait aktivitas liburan. 

Saya memilih liburan saat musim salju, untuk menjajal daya tahan tubuh sekaligus mendaki pegunungan Rila dan Vitosha. Terkait hal ini, ada tulisan terpisah.

Kedua, pilihlah tempat-tempat yang jarang dikunjungi turis Indonesia. Untuk kelas Eropa, kali ini saya merekomendasikan salah satu negara di wilayah Semenanjung Balkan, yakni Bulgaria.

Kota Vidin menuju Belogradchik Rocks, Bulgaria.Hilda B Alexander/Kompas.com Kota Vidin menuju Belogradchik Rocks, Bulgaria.
Negeri eks komunis ini merupakan perlintasan kepentingan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan agama mulai masa Romawi Kuno, Yunani, Bizantium, Turki Ottoman serta masa pembebasan oleh Rusia.

Selengkapnya baca ini Bulgaria, Sepotong Nirwana di Eropa Tenggara (1)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com