Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Spot Foto Wajib Saat Berkunjung ke Pura Lempuyang Luhur Bali

Kompas.com - 23/01/2018, 20:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KARANGASEM, KOMPAS.com - Wisatawan asing silih berganti berpose di tengah gapura Pura Lempuyang Luhur, Karangasem, Bali. Gapura dengan tinggi empat meter ini menjadi lokasi berfoto populer di kalangan wisatawan.

Mereka berfoto di gapura itu bukan tanpa alasan. Dengan sudut pengambilan foto yang tepat, di tengah gapura tampak Gunung Agung dalam ukuran presisi.

"Ya, belakangan ramai wisatawan. Mungkin karena Gunung Agung," kata pemangku di Pura Lempuyang Luhur, Jero Mangku Ketut, Senin (22/1/2018).

(Baca juga : 5 Destinasi Wisata di Karangasem, Wajib Mampir Kalau ke Bali!)

Mangku bercerita ketika awal erupsi Gunung Agung, November 2017, kunjungan wisatawan terutama wisatawan asing menurun drastis.

"Dua minggu erupsi, habis itu naik lagi kunjungannya. Kebanyakan wisatawan dari Rusia. Mereka datang tengah malam atau subuh," jelas Mangku.

Gunung Agung dilihat dari Pura Lempuyang Luhur, Karangasem, Bali.KOMPAS.com / Silvita Agmasari Gunung Agung dilihat dari Pura Lempuyang Luhur, Karangasem, Bali.

Kebanyakan wisatawan datang saat gelap untuk mengabadikan momen lava panas Gunung Agung yang berpendar dalam gelap.

Momen tersebut bagi sebagian orang mungkin menakutkan. Namun, sebagian orang menganggap erupsi Gunung Agung sebagai momen langka dengan pemandangan yang magis.

(Baca juga : 10 Hal Wajib Diketahui Sebelum Liburan ke Karangasem Bali)

Tak heran Pura Lempuyang Luhur menjadi lokasi yang diincar oleh wisatawan untuk melihat erupsi Gunung Agung. Jaraknya Pura Lempuyang Luhur ke Gunung Agung juga  masih dalam radius aman, 19 kilometer.

"Sekarang banyak wisatawan dari China dan domestik," kata Mangku.

Pura Lempuyang Luhur, Karangasem, Bali.KOMPAS.com / Silvita Agmasari Pura Lempuyang Luhur, Karangasem, Bali.

Selain mengabadikan Gunung Agung, sebenarnya Pura Lempuyang Luhur memiliki pesona lain yang tak kalah menarik. Pura Lempuyang Luhur terdiri dari tujuh pura yang berada di dataran tinggi, Bukit Lempuyang. Untuk menuju pura utama, pengunjung perlu menaiki 1.700 anak tangga.

"Naiknya pagi-pagi, dengan udara yang segar. Ini juga menjadi salah satu bentuk purification, pemurnian," kata Mangku.

(Baca juga : Berkunjung ke Taman Ujung di Karangasem, Bali)

Pura Lempuyang Luhur menjadi destinasi yang sayang dilewatkan jika berkunjung ke Karangasem, Bali Timur. Dari Denpasar menuju Pura Lempuyang Luhur dapat ditempuh selama dua jam berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com