Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asean Tourism Forum 2018 Resmi Dibuka

Kompas.com - 25/01/2018, 09:01 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Asian Tourism Forum (ATF) 2018 resmi dibuka di kawasan wisata Royal Flora Ratchaphuek, Provinsi Chiang Mai, Thailand, Rabu (24/1/2017) malam.

Pembukaan forum pariwisata terbesar Asean ini dihadiri oleh menteri pariwisata dari 10 anggota Asean, juga dari beberapa tamu kenegaraan seperti Jepang, dan Rusia.

Semua perwakilan tersebut membuka acara dengan cara bergandengan tangan, dipimpin oleh Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Kobkarn Wattanavrangkul.

(Baca juga : Spa dan Minuman Tradisional Indonesia Pikat Pengunjung Travex ATF di Singapura)

Ia mengatakan acara ini merupakan salah satu motor penggerak kenaikan pertumbuhan pariwisata Asean setiap tahunnya.

"ATF terutama TRAVEX Travel Mart, memang jadi salah satu kunci sukses kenaikan pariwisata Asean. Di tahun kemarin bahkan hingga 10 persen, menjadi yang tertinggi di dunia," ujarnya saat pembukaan ATF 2018.

ASEAN Tourism Forum 2017, 18-20 Januari di Singapura. ASEAN Tourism Forum 2017, 18-20 Januari di Singapura.

ATF tahun ini digelar mulai 22-26 Januari 2018, di Chiang Mai International Exhibition and Convention Centre (CMECC). Bertepatan dengan usia ASEAN ke 51, tema yang diangkat untuk ATF kali ini ialah "Sustainable Connectivity, Boundless Prosperity”.

Selain itu, Goovernor Tourism Authority of Thailand (TAT) Yuthasak Supasorn juga berharap transaksi ratusan juta USD hadir dari acara TRAVEX tersebut. Sehingga target Asean menjadi kesatuan destinasi unggulan dunia tercapai di 2025 nanti.

(Baca juga : Indonesia Ikuti Travex ATF 2017 di Singapura)

"Selamat menikmati rangkaian acara yang kami buat, mulai dari ceremonial opening, pameran wisata, media famtrip, confrance, hingga TRAVEX travel mart," ucapnya.

ATF merupakan usaha regional untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai satu destinasi wisata. Ajang tahunan ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam ditambah tiga negara di Asia yakni China, India, dan Korea.

Kementerian Pariwisata membawa 42 industri pariwisata Indonesia yang terdiri dari unsur travel agent/travel operator, hotel, dan atraksi yang berasal dari dari destinasi unggulan di Indonesia. Provinsi Palembang, Sumatera Selatan juga ikut terlibat sebagai penyelenggara Asian Games 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com