Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekarang Ada Layanan Bahasa Indonesia untuk Turis di Korea Selatan

Kompas.com - 25/01/2018, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korea Selatan kini menambah pelayanan interpretasi bahasa Indonesia untuk turis Indonesia mulai 22 Januari 2018. Hal itu diungkapkan oleh Korea Tourism Organization dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Rabu (18/1/2018).

Penambahan bahasa Indonesia tersebut menjadikan pusat layanan wisata Korea ‘1330’ memiliki pelayanan bahasa 8 bahasa.Sebelumnya, layanan interpretasi yang melayani wisatawan selama 24 jam secara gratis ini hanya menyediakan layanan empat bahasa yaitu Korea, Inggris, Jepang dan China.

Mulai 22 Januari lalu, layanan interpretasi tersebut berkembang menjadi 8 bahasa, dengan tambahan layanan bahasa Rusia, Vietnam, Thailand dan Malaysia-Indonesia.

(Baca juga : Musim Panas, Waktunya Main Lumpur di Korea Selatan)

Namun, untuk empat bahasa tambahan tersebut masih beroperasi dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam. Secara bertahap layanan tersebut akan beroperasi untuk 24 jam, dan tentu saja gratis.

Replika rumah penggilingan di permukiman pegunungan yang ada di Jeju Folk Village, Jeju, Korea Selatan. Foto diambil 30 Mei 2017.KOMPAS.com/BAYU GALIH Replika rumah penggilingan di permukiman pegunungan yang ada di Jeju Folk Village, Jeju, Korea Selatan. Foto diambil 30 Mei 2017.
Pemerintah Korea Selatan berharap layanan panduan wisata multi bahasa sangat berkontribusi dalam membangun sistem panduan untuk diversifikasi pasar wisatawan ke Korea. Melihat perkembangan pasar wisatawan asing ke Korea, kehadiran layanan tersebut diharapkan membuat wisatawan asing semakin nyaman selama berada di Korea.

Sepanjang Januari sampai November tahun lalu, jumlah wisatawan yang mengunjungi Korea dari Rusia sekitar 249.000 wisatawan, dari Vietnam sekitar 300.000 wisatawan, sekitar 438.000 dari Thailand, dan sekitar 471.000 dari Indonesia dan Malaysia.

(Baca juga : Panduan Belanja Kosmetik di Korea Selatan)

Layanan interpreter ‘1330’ juga dikembangan menjadi pusat layanan khusus untuk Olimpiade Musim Dingin PyeongChang sejak bulan Desember tahun lalu untuk menyediakan infomasi kepada penonton Olimpiade.

Ruang lingkup panduan ini mencakup informasi tentang olimpiade, akomodasi, makanan, transportasi, berbagai acara kebudayaan dan lainnya. Adapun Hotline ‘1330’ dioperasikan KTO sejak tahun 1999.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com