Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Maskapai Ini Terapkan Layanan Mandiri di Terminal 4 Bandara Changi

Kompas.com - 26/01/2018, 15:37 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 SINGAPURA, KOMPAS.com – Terminal 4 Bandara Changi, Singapura telah dioperasikan sejak akhir Oktober 2018. Di terminal ini para penumpang ditawarkan sistem Fast and Seamless Travel (FAST) yaitu pelayanan mandiri saat tiba maupun saat keberangkatan.

Pantauan KompasTravel, dari total sembilan maskapai, yang telah menerapkan sistem FAST ini baru Air Asia Group dan Cathay Pasific. Hal tersebut pun dibenarkan oleh Corporate Communications Manager Changi Airport Group, Julia Jemangin.

“Iya yang otomatis menggunakan FAST ini baru Air Asia dan Cathay Pasific, sisanya masih konvensional,” kata Julia kepada KompasTravel, di Terminal 4 Bandara Changi, Singapura, Minggu (21/1/2018).

(Baca juga : Sembilan Maskapai Bakal Beroperasi di Terminal 4 Bandara Changi)

Adapun sistem layanan mandiri yang dapat dilakukan seperti halnya check-in, drop-bagage, imigrasi, dan asrama. Maskapai yang telah beroperasi di terminal empat Bandara Changi Singapura antara lain, Korean Air, Spring Air, Vietnam Airlines, Cebu Pasific, Cathay Pacific, dan Air Asia Group (4 maskapai).

Sementara itu, saat penumpang masuk ke Terminal 4 keberangkatan, maka akan langsung melihat deretan mesin berbentuk oval.

Terminal 4 Bandara Internasional Changi Airportchangiairport.com Terminal 4 Bandara Internasional Changi Airport
Nah, mesin tersebut merupakan mesin layanan mandiri dan tempat para penumpang melakukan self check-in. Sehingga, para penumpang yang akan berangkat dari Terminal 4 menggunakan maskapai Air Asia dan Cathay Pasific pun melakukan self check-in.

Ketika itu, beberapa penumpang  pun terlihat masih kebingungan melakukan layanan check-in sendiri. Tenang saja, meski layanan mandiri ini sudah diterapkan, tetapi masih ada beberapa petugas di sana yang siap membantu para penumpang.

Begitu pula dengan layanan mandiri untuk drop baggage, apabila penumpang kesulitan maka akan ada petugas yang membantu mereka.

(Baca juga : Luas Terminal 4 Bandara Changi Singapura Setara 27 Lapangan Bola)

Kendati demikan, untuk maskapai lainnya, seperti Korean Air, Spring Air, Vietnam Airlines, Cebu Pasific masih melakukan layanan seperti biasanya. Penumpang diharuskan antre untuk melakukan check-in di counter sekaligus menyimpan bagasi.

Adapun bangunan Terminal 4 Bandara Changi memiliki dua lantai dengan total area seluas 225.000 meter persegi. Bangunan tersebut pun dipercantik dengan desain yang sama pada bagian detil-detil atap dan lantai bangunan hingga kursi-kursi di dalam Terminal 4 Bandara Changi.

Terminal 4 Bandara Changi bakal menambah kapasitas sebanyak 16 juta penumpang per tahun. Dengan tambahan tersebut, kapasitas total penanganan Bandara Changi menjadi 82 juta penumpang per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com