Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Cari Tempat untuk Lihat Gerhana Bulan? Bisa ke Ancol...

Kompas.com - 27/01/2018, 19:15 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Impian Jaya Ancol mengajak masyarakat untuk menyaksikan fenomena langka supermoon pada Rabu (31/1/2018). Ada berbagai kegiatan yang disiapkan oleh pihak Ancol untuk melihat fenomena langka yang terjadi 150 tahun sekali ini.

"Kami menyambut baik himbauan Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang menyebut kawasan wisata sebagai lokasi untuk masyarakat Jakarta menyaksikan fenomena alam Supermoon," ujar Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Jumat (26/1/2018).

Selain melihat fenomena supermoon bersama-sama, pengunjung Ancol juga akan mendapat edukasi dari sumber yang telah disiapkan oleh pihak Ancol. Bagi umat Muslim, dapat melaksanakan sholat gerhana bulan di Masjid Baiturrahman yang lokasinya berada dalam kawasan wisata Ancol.

(Baca juga : Ingat! 31 Januari 2018 Ada Gerhana Bulan Total)

Tertarik melihat supermoon di Ancol? Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk di gerbang Ancol. Sementara, bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) dapat mengunjungi pantai secara gratis pada malam tersebut.

Pengunjung memanfaatkan liburan mengunjungi pantai di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (27/6/2017). Sejumlah lokasi wisata di Jakarta padat pengunjung pada libur lebaran. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung memanfaatkan liburan mengunjungi pantai di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (27/6/2017). Sejumlah lokasi wisata di Jakarta padat pengunjung pada libur lebaran. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Titik kumpul untuk menyaksikan supermoon di Ancol berada di Jembatan Cinta (Le Bridge) yang berlokasi di Pantai Timur Ancol. Jembatan tersebut menjorok ke tengah laut, sehingga diharapkan pengunjung dapat melihat supermoon lebih jelas.

(Baca juga : 5 Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin Lihat Gerhana Bulan Total)

Fenomena supermoon merupakan fenomena alam langka yang belum pernah terjadi selama 150 tahun. Tiga fenomena langka bulan akan terjadi sekaligus pada hari itu. Tiga fenomena tersebut adalah supermoon, blue moon, dan gerhana bulan.

Gabungan peristiwa itu yang membuatnya dinamakan Super Blue Blood Moon atau gerhana bulan biru kemerahan. Ini tentu membuat bulan lebih terlihat besar dan terang daripada biasanya. Pada saat itu bulan akan berada pada titik terdekat dengan bumi (perigee).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com