Jelang Imlek, Yuk Kunjungi Wisata Bertemakan Imlek di Bogor - Kompas.com

Jelang Imlek, Yuk Kunjungi Wisata Bertemakan Imlek di Bogor

Kompas.com - 01/02/2018, 12:31 WIB
Jalan sepajang lebih kurang satu kilometer tersebut merupakan kawasan Pecinan Bogor. KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Jalan sepajang lebih kurang satu kilometer tersebut merupakan kawasan Pecinan Bogor.

BOGOR, KOMPAS.com - Menjelang Tahun Baru Imlek, tidak ada salahnya jika libur akhir pakan nanti kita kunjungi wisata bertemakan Imlek. Bogor bisa menjadi salah satu alternatif wisata bertema Imlek yang tak kalah mengasyikkan dari kota lain.

Bogor menjadi salah satu kota yang memiliki komunitas etnis Tionghoa. Berkembangnya etnis ini membuat beberapa daerah tempat tinggalnya memiliki akulturasi budaya yang unik.

Mulai wisata religi, kuliner, alam, dan buatan bertemakan Tahun Baru Imlek ada di Bogor. Berikut KompasTravel rangkum dari berbagai liputan terdahulu.

1. Pulo Geulis

 Vihara Maha Brahma yang ada di Pulo Geulis, tempat bersemayamnya dewa Pan Kho.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Vihara Maha Brahma yang ada di Pulo Geulis, tempat bersemayamnya dewa Pan Kho.

Disebut Pulo Geulis karena daerah ini memang seperti pulau. Ya, Bogor punya pulau, yang dipisahkan oleh aliran Sungai Ciliwung.

(Baca juga : Libur Imlek, Yuk Jelajahi Wisata Pecinan di Kota Bogor)

Tak hanya geografis dan pemandangan alamnya yang unik, tapi sejarah pulau yang didiami etnis Tionghoa ini pun unik. Pulau di tengah-tengah Kota Bogor tersebut menyimpan sejarah penyebaran berbagai agama di tanah sunda.

Pulo Geulis berlokasi di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah. Di dalam pulau seluas 3,5 hektar ini, sebuah bangunan bersejarah dan penuh arti bagi masyarakat Kampung Pulo, masyarakat yang mendiami Pulo Geulis.

(Baca juga : Ini Arti Warna Merah dalam Perayaan Imlek)

Vihara Maha Brahma, atau dapat juga sebagai Kelenteng Pan Kho Bio, dapat menjadi tempat peribadatan umat Islam, Konghucu, dan, Buddha, lazimnya. Bram mengatakan bagi Kristiani, Protestan, dan Hindu pun bisa beribadah di sini.

2. Surya Kencana

Soto Kuning khas Bogor Pak Yusuf, berlokasi di Jalan Suryakencana, Bogor.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Soto Kuning khas Bogor Pak Yusuf, berlokasi di Jalan Suryakencana, Bogor.

Bagi yang sering berwisata ke Bogor, mungkin familiar dengan tempat ini. Salah satu kawasan kuliner yang wajib didatagi saat berkunjung ke Bogor. Lokasinya tidak jauh dari Tugu Kujang, dan pintu utama Kebun Raya Bogor.

(Baca juga : 6 Museum Unik Sekitar Kebun Raya Bogor, Yakin Pernah Mampir?)

Jalan sepanjang satu kilometer lebih ini menyuguhkan beragam kuliner khas Bogor, baik yang asli maupun yang sudah bercampur budaya Tionghoa. Ya, karena beberapa sisi di sini merupakan pusat perkembangan Tionghoa di Bogor.

Saat menyusuri gerbangnya yang disebut "Lawang Seketeng", Anda sudah bisa menemukan beberapa jajanan unik, seperti sate sum-sum ginjal sapi, lalu naik ke atas ada asinan, puncaknya ialah di Gang Aut.

(Baca juga : Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor Bakal Digelar Maret 2018)

Di perempatan gang inilah berbagai kuliner legendaris tersedia. Sebut saja soto bogor, soto mi bogor, bir kotjok, es pala, asinan bogor, asinan jagung bakar, laksa, dan yang lainnya.

3. Kampung China

Salah satu tempat wisata dan belanja yang arsitektur bangunannya bergaya China, dan adanya di sebelah Timur Jakarta yaitu Kampung China Kota Wisata atau terkenal dengan sebutan Kampung China Cibubur, Kabupaten Bogor.

Kampung tematik ini berada di Komplek Perumahan Kota Wisata (Kota Sejuta Pesona),yang secara geografis masuk wilayah Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. 

Kampung China ini, dapat menjadi pilihan Anda, yang saat ini sedang mencari atau membutuhkan keperluan untuk menyambut Tahun Baru Imlek.

Di sini, terdapat pasar yang menjual beragam keperluan Imlek. Mulai dari topi China, kelengkapan barongsai, aneka mainan anak, aneka amplop angpau, tas-fashion, payung, kerajinan logam, hingga kerajinan batu bertemakan China.

4. Pembuatan Lilin

Seorang pekerja sedang mengerjakan pembuatan lilin Imlek di Kampung Ciletuh, Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Selasa (23/1/2017).KOMPAS.com / Ramdhan Triyadi Bempah Seorang pekerja sedang mengerjakan pembuatan lilin Imlek di Kampung Ciletuh, Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Selasa (23/1/2017).
Berkunjung ke salah satu sentra pembuatan lilin di untuk Tahun Baru Imlek di Bogor bisa jadi alternatif wisata unik. Karena selain Anda bisa melihat proses pembuatannya, juga bisa mencoba membuatnya.

Tempat kerajinan lilin untuk Imlek ini, ada di Kampung Ciletuh, Desa Ciderum, Kecamatan Caringin.

Mendekati Tahun Baru Imlek ini, tentu para perajin di sini kebanjiran order. Hebatnya, sentra pembuatan di Bogor ini tak hanya memenuhi pesanan dari Bogor, tapi hingga Sumatera dan Kalimantan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X