Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main ke Banyuwangi, Mampirlah ke Kedai Mi Pangsit Sejak Tahun 1996 Ini

Kompas.com - 02/02/2018, 20:30 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bagi pencinta mi pangsit, Anda bisa mampir ke Kedai Mie Pangsit Mitra yang berada di wilayah Pecinan Banyuwangi, Jawa Timur. Kedai yang berada di pusat kota Banyuwangi dan buka sejak tahun 1996 itu selalu ramai dikunjungi oleh pelanggannya.

Di sana Anda bisa mencicipi mi pangsitnya yang lembut dengan topping daging ayamnya yang menggoda serta kuah yang gurih. Tak hanya itu, Anda juga bisa mencicipi bakwan goreng yang renyah.

(Baca juga : Nostalgia di Pasar Jajanan Tradisional Banyuwangi)

Bakwan goreng disajikan dari cacahan ayam dan udang tersebut bahkan sering dijadikan oleh-oleh untuk dibawa keluar kota.

Mie vegetarian di Kedai Mie Mitra BanyuwangiKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Mie vegetarian di Kedai Mie Mitra Banyuwangi

"Selain mi pangsit, bakwan goreng banyak juga yang pesan. Kadang buat oleh-oleh atau kami yang kirimkan ke luar kota seperti ke Surabaya atau Malang. Bisa dalam bentuk adonan, matang atau setengah matang," kata Pengelola Kedai Mie Pangsit Mitra, Iwan Wijaya, kepada Kompas.com, Jumat (2/2/1018).

Menurutnya, bakwan gorengnya memang berbeda karena daging ayam dan udang yang digunakan jumlahnya berlimpah serta masih dalam keadaan segar saat dimasak.

(Baca juga : 7 Makanan Khas Banyuwangi, Siapkan Perut Anda!)

Dalam satu porsi ada lima bakwan goreng dalam ukuran sedang, Untuk cocolan juga sambal khusus yang rasanya pedas manis dna gurih. Di kedai ini juga menyediakan Mie Pangsit Vegetarian, bakwan campur dan es puter.

Tim Ayam obat yang sehat dan hangat di Kedai Mie Mitra BanyuwangiKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Tim Ayam obat yang sehat dan hangat di Kedai Mie Mitra Banyuwangi

Di kedai sederhana ini, pengunjung juga bisa menyediakan tim ayam obat yang cocok dinikmati saat musim hujan. Kuahnya yang panas dan rempah-rempah yang digunakan untuk bumbu tim ayam obat ini dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

"Kalau sedang flu atau habis kehujanan cocok makan tim ayam obat. Bukan hanya ayamnya saja yang enak, kuahnya juga sehat. Banyak juga yang mencoba ini. Kami selalu sajikan dalam keadaan panas," kata Iwan.

(Baca juga : Pedas Menggoda Bakso Item Kebo-keboan di Banyuwangi)

Tertarik untuk mencoba hidangan-hidangan enak di kedai ini? Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harganya cukup bersahabat mulai dari Rp 18.000 - Rp 35.000.

Selamat makan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com