Jelang Imlek, Yuk Pelesir ke Singkawang - Kompas.com

Jelang Imlek, Yuk Pelesir ke Singkawang

Kompas.com - 04/02/2018, 10:42 WIB
Rangkaian atraksi tatung dalam puncak perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat, (10/2/2017). Sebanyak 567 tatung turut berpartisipasi dalam perayaan budaya terbesar masyarakat Tionghoa di Kota Singkawang.KOMPAS.com / YOHANES KURNIA IRAWAN Rangkaian atraksi tatung dalam puncak perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat, (10/2/2017). Sebanyak 567 tatung turut berpartisipasi dalam perayaan budaya terbesar masyarakat Tionghoa di Kota Singkawang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Imlek akan lebih terasa saat berada di Singkawang, Kalimantan Barat. Kota Seribu Kelenteng ini terkenal dengan pecinan yang sarat dengan sejarah dan budaya Tionghoa.

Selain menikmati suasana Imlek, wisatawan juga dapat menjelajah keindahan obyek wisata di daerah Singkawang, seperti yang KompasTravel rangkum berikut ini:

1. Pusat Kota Singkawang

Singkawang bersolek jelang Imlek. Tahun ini, akan ada lampion replika dari 12 shio yang dipasang di pusat kota. Seperti di Bundaran 1001 AI dan sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro. 

2. Rumah Tua Keluarga Tjhia (Xie)

Rumah ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang terletak di Jalan Budi Utomo. Rumah ini dibangun antara tahun 1901-1902. Thjia merupakan pendatang asal Fujian, China yang kemudian memutuskan menetap di Singkawang. Tjhia lantas sukses menjadi pengusaha dan membangun rumah bergaya China dengan campuran Eropa.

3. Kelenteng Bumi Raya

Sebagai kota yang dijuluki Kota Seribu Klenteng, rasanya sayang jika tidak berkunjung ke kelenteng saat di Singkawang.

Ada banyak kelenteng bersejarah di Singkawang. Salah satunya adalah Kelenteng Bumi Raya yang didirikan pada 1878. Kelenteng yang terletak di Jalan Sejahtera ini juga menjadi ikon dari Kota Singkawang.

Bakso Sapi Bakmi Ayam 68, merupakan salah satu kuliner khas yang tersohor di Singkawang. Kedai kuliner tersebut kerap disesaki wisatawan saat akhir pekan, salah satunya juga karena merupakan bakmi halal pertama buatan orang Tionghoa di Singkawang.KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bakso Sapi Bakmi Ayam 68, merupakan salah satu kuliner khas yang tersohor di Singkawang. Kedai kuliner tersebut kerap disesaki wisatawan saat akhir pekan, salah satunya juga karena merupakan bakmi halal pertama buatan orang Tionghoa di Singkawang.

4. Pemakaman Manggis

Meski bukan tempat wisata biasa, Pemakaman Manggis di Singkawang layak dikunjungi. Apalagi saat bulan Imlek atau Cheng Beng. Selain dekorasi batu nisan yang unik, wisatawan dapat melihat langsung tradisi sembahyang leluhur warga Tionghoa di Singkawang.

5. Pantai Pasir Panjang

Penghujung hari, Pantai Pasir Panjang cocok untuk bersantai dan melihat matahari tenggelam. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan bersih. Ombak yang bersahabat juga membuat pantai ini cocok untuk berenang.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X