Cara Mudah dan Murah ke Ubud dari Bandara Ngurah Rai - Kompas.com

Cara Mudah dan Murah ke Ubud dari Bandara Ngurah Rai

Kompas.com - 05/02/2018, 09:12 WIB
Kura Kura Bus, jasa transportasi di Bali.Instagram Kura Kura Bus Kura Kura Bus, jasa transportasi di Bali.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ubud sedari dulu terkenal sebagai destinasi wisata yang apik di Bali. Kecamatan yang terletak di Kabupaten Gianyar ini terkenal sebaga pusat seni di Bali. Ada banyaknya galeri dan museum seni, serta pertunjukan tarian khas Bali yang dapat disaksikan setiap malam.

Untuk menuju Ubud tidak sulit. Ubud dapat ditempuh selama 1,5-2 jam perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Jika tidak menyewa kendaraan, ada alternatif kendaraan umum dan jasa shuttle bus yang dapat mengantarkan ke Ubud. Alternatif ini cocok bagi pelancong tunggal.

(Baca juga : Berita Foto: Lucunya Monyet di Monkey Forest Ubud)

Cara termudah adalah menumpang jasa shuttle bus, seperti Kura Kura Bus. Transportasi yang terkenal dengan mobil minus bus berwarna hijau-kuning ini memiliki banyak rute di Bali.

Kura-Kura Bus umumnya behenti di titik-titik obyek wisata, mal, restoran, atau toko terkenal di Bali. Khusus jalur Ubud, titik awal Kura-Kura Bus berada di DFS T Galleria Bali di Jalan By Pass Ngurah Rai. Ini juga menjadi halte pusat dari Kura-Kura Bus di Bali.

Untuk menuju DFS T Galleria Bali dari Bandara Ngurah Rai cara termurah adalah menumpang ojek online dari Bandara Ngurah Rai. Titik jemput umumnya berada di luar parkiran motor Bandara Ngurah Rai, tidak jauh dari terminal domestik.

(Baca juga : Menginap di Umah Bali Villa Ubud, Wow Senangnya...)

Jarak Bandara Ngurah Rai dari DFS T Galleria sekitar tujuh kilometer, dapat ditempuh selama 15 menit perjalanan.

Halte Kura Kura Bus di DFS T Galleria, Bali.Kompas.com/Silvita Agmasari Halte Kura Kura Bus di DFS T Galleria, Bali.
Kemudian carilah halte Kura Kura Bus yang berada di depan gedung bioskop XXI Galleria. Anda dapat langsung membeli tiket di tempat. Tiket Kura Kura Bus juga dapat dibeli di internet dan dicetak.

(Baca juga : 2 Air Terjun Hits di Sekitar Ubud, Bali)

Harga tiket sekali perjalanan ke Ubud Rp 80.000, tetapi jika membeli paket tiket pulang-pergi dihargai Rp 120.000 atau satuan Rp 60.000. Dapat dipakai hanya sampai rentang satu minggu. Dihitung sejak tanggal perjalanan pergi ke Ubud.

Untuk jadwal perjalanan Kura Kura Bus dari DFS T Galleria ke Ubud dibagi menjadi lima perjalanan per hari. Mulai pukul 9.00, 11.00, 13.00, 15.00, dan 17.00. (Jadwal perjalanan dapat berubah, silahkan lihat situs resmi Kura Kura Bus).

Kura Kura Bus memulai perjalanan dengan tepat waktu, jadi ada baiknya 15 menit sebelum jadwal sudah berada di halte penjemputan.

Pintu masuk ke Puri Ubud di Gianyar, Bali.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Pintu masuk ke Puri Ubud di Gianyar, Bali.
Selanjutnya Kura-Kura Bus akan berhenti di titik jemput dan antar lain seperti Gallery Coffee, Bali Bird Park, Bali Zoo, Sisi Bag, Alaya Ubud Resort, dan berakhir di Puri Lukisan Museum Ubud.

Saran KompasTravel, sebisa mungkin naiklah Kura Kura Bus dari titik awal seperti DFS Galleria untuk pergi ke Ubud, dan Puri Lukisan Museum untuk pulang dari Ubud. Sebab Kura Kura Bus hanya dapat menampung sekitar 15 penumpang. Saat kursi terisi penuh di titik awal, maka penumpang di titik selanjutnya tidak dapat ikut serta.

Perjalanan dari DFS Galleria sampai Puri Lukisan Museum ditempuh selama dua jam. Bus dilengkapi Wifi, AC, dan kursi yang nyaman.

Selain Kura Kura Bus, ada layanan shuttle bus lain yang melayani rute Ubud. Seperti Perama Tour & Travel yang berkantor pusat di Legian.

Angkutan Trans Sarbagita koridor 1 dengan rute dalam Kota Denpasar mulai melakukan uji coba, Jumat (10/8/2012). KOMPAS.com/ Muhammad Hasanudin Angkutan Trans Sarbagita koridor 1 dengan rute dalam Kota Denpasar mulai melakukan uji coba, Jumat (10/8/2012).
Alternatif lain untuk backpacker

Jika ingin lebih mengirit biaya perjalanan ke Ubud ada alternatif transportasi lebih murah, yakni menumpang Trans Sarbagita. Transportasi ini mirip dengan Transjakarta.

Dari Bandara Ngurah Rai, dapat menumpang ojek online ke Kuta Sentral parkir. Rute ini dapat ditempuh 10 menit perjalanan.

Kemudian dari Kuta Sentral parkir, naiklah Trans Sarbagita jurusan Batubulan yang dihargai Rp 3.500. Dari Terminal Batubulan ke Ubud, naik mobil angkot (yang disebut bemo di Bali) dengan kisaran harga antara Rp 5.000.

Untuk menggunakan alternatif kendaraan ini, pastikan memiliki waktu yang luang. Pasalnya, baik Trans Sarbagita maupun angkot tidak memiliki jadwal keberangkatan yang pasti.


EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X