Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Kereta Lumpuh, Ini Angkutan Alternatif Menuju Sukabumi

Kompas.com - 07/02/2018, 14:25 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bencana longsor di Cigombong, Bogor, Senin (5/2/2018) memutus jalur kereta api menuju Sukabumi, untuk sementara. Fondasi rel jalur tersebut longsor sepanjang 40 meter.

Kejadian ini mengakibatkan terganggunya perjalanan kereta api sehingga sejumlah perjalanan dibatalkan dan relasi perjalanan dipotong. Jalur kereta api menuju Sukabumi dari Bogor harus berhenti beroperasi sementara mulai Senin (5/2/2018). 

Setiap hari, jalur Bogor-Sukabumi dilalui 10 perjalanan kereta api, yaitu 6 kereta api penumpang dan 4 kereta angkutan barang. Pembatalan dan pemotongan relasi ini dilakukan sampai jalur tersebut dinyatakan aman dan dapat dilalui.

(Baca juga : Inikah Tempat Terbaik Melihat Sunrise di Sukabumi?)

Alhasil wisatawan yang bepergian ke Sukabumi menggunakan kereta, harus bersabar hingga evakuasi dan perbaikan selesai. Namun, Anda tetap bisa bepergian ke Sukabumi dengan alternatif lain.

Berikut KompasTravel rangkum berbagai alternatif menuju Sukabumi, dari Jakarta, Bogor, juga Bandung.

1. Mobil L300/Colt Diesel

Angkutan Colt ini terkenal dengan kecepatannya, meskipun menggunakan jalur yang sama dengan kendaraan umum lainnya, tetapi waktu tempuhnya bisa lebih singkat 30 hingga 60 menit. Ya, karena saking cepatnya, dan tahu jalan-jalan alternatif.

Jalur kereta api Bogor - Sukabumi putus akibat  longsor di Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Selasa (6/2/2018). Longsor ini mengakibatkan tiga rumah warga rusak, jalur kereta api Bogor-Sukabumi putus, dan lima orang meniggal dunia.KRISTIANTO PURNOMO Jalur kereta api Bogor - Sukabumi putus akibat longsor di Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Selasa (6/2/2018). Longsor ini mengakibatkan tiga rumah warga rusak, jalur kereta api Bogor-Sukabumi putus, dan lima orang meniggal dunia.
Di Bogor, Colt ini bisa ditemui di sisi depan Teminal Baranangsiang, sisi depan Hero Department Store Jalan Pajajaran, dan di pintu keluar tol Jagorawi (Ciawi).

Semetara di Sukabumi bisa ditemui di Lapangan Merdeka, depan Bank BRI Pusat, depan Pizza Hut, dan di Perempatan Degung. Jam keberangkatannya tidak pasti, Anda harus menunggu satu mobil berisikan 15-17 orang itu penuh dahulu, sekitar 30 menit sekali.

2. Kendaraan Pribadi

Baik itu dari Bogor, Jakarta, ataupun Bandung, Anda tetap harus menuju Bogor terlebih dahulu. Setelah masuk Kota Bogor, arahkan Kendaraan Anda menuju Jalan Pajajaran, lalu ke perempatan besar Ciawi. Dari sana tinggal ambil arah Sukabumi melewati Lido.

Jalan yang ditempuh cukup besar, dengan lebar sekitar 30 meter. Namun jangan kaget jika yang melewatinya juga truk dan kontainer besar karena jalur terbaik menuju Sukabumi ini melewati banyak sekali pabrik-pabrik besar.

Truk dan kontainer besar tadi beroperasi mulai sore ke malam. Sedangkan pagi ke siang hari dipenuhi kendaraan kecil, dan banyak titik-titik macet di pintu pabrik.

Ke Sukabumi melewati jalur ini bisa ditempuh 3-4 jam tergantung kondisi kepadatan lalu lintas.

3. Travel

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com