Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Murah, Liburan ke Korea atau Jepang?

Kompas.com - 08/02/2018, 06:35 WIB
I Made Asdhiana

Editor

Sumber KKDay.com

KOMPAS.com - Destinasi Asia yang eksotis dengan ciri budaya, keunikan arsitektur dan kuliner yang berlimpah. Alasan tersebut membuat Korea Selatan dan Jepang menjadi destinasi liburan yang harus dituju. Tapi jika sudah berbicara soal budget travelling, mana yang lebih hemat ya?

1. Berbelanja

Tempat belanja di Korea Selatan
Terlahir sebagai surganya barang murah, kamu cukup kunjungi kota Ewha atau Myeongdong. Di sana kamu akan menemukan berbagai pakaian, sepatu dan juga perlengkapan rias dengan harga miring. Tak heran kamu akan pulang dengan tambahan bagasi nantinya.

(Baca juga : Ini Salah Satu Tempat Terbaik Melihat Bunga Sakura di Jepang)

Tempat belanja di Jepang
Terkenal dengan fashion nyentriknya, kamu akan menemukan toko berisi pakaian second-hand yang masih dalam kondisi bagus. Cukup lebih teliti dalam memilih, kamu akan mendapatkan pakaian keren dengan kisaran harga 100-300 yen.

Pusat belanja kosmetik di Myeongdong, Seoul, Korea SelatanKOMPAS.com/Krismas Wahyu Utami Pusat belanja kosmetik di Myeongdong, Seoul, Korea Selatan

Jawaban: Korea Selatan
Deman Korea Selatan yang sedang melanda, membuat destinasi ini lebih dipilih. Beberapa produk rias seperti Etude House, Laniage dan Innisfree memang cenderung lebih murah dibandingkan dengan produk dari Jepang. Kecuali memang kamu seorang cosplayer, Jepang tentu menjadi tujuan utama kamu ya.

2. Kuliner

Jajanan Jalan di Korea Selatan
Kalau kamu bukan seorang foodie, nampaknya tujuan kuliner bukan suatu masalah. Tapi jika ingin menjajal masakan Korea Selatan, kamu akan dengan mudah menemukannya di jalanan dengan wujud sebuah food truck dengan kisaran harga yang tak terlalu mahal. Penasaran dengan masakkan yang lebih “proper”, kunjungi saja kedai makan lokal yang ada.

(Baca juga : Filosofi di Balik Keunikan Kuliner Korea)

Jajanan Jalan di Jepang
Menjamurnya restoran Jepang di Indonesia, menjadi hasrat tersendiri untuk kamu mencoba masakannya langsung dari negara tersebut. Kamu akan dengan mudah menemukan tempat makan yang tersebar di sana, sesuai selera dan tentu budget kamu.

Salah satu kuliner khas Jepang, yaitu ikasuga tayaki. Kuliner ini berbahan dasar cumi-cumi segar, yang panjangnya mencapai 20 centimeter.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu kuliner khas Jepang, yaitu ikasuga tayaki. Kuliner ini berbahan dasar cumi-cumi segar, yang panjangnya mencapai 20 centimeter.
Jawaban: Jepang
Kuliner Jepang memang beragam dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Mereka menang mudah di ronde ini.

3. Destinasi Wisata

Jalan-jalan di Korea Selatan
Ada banyak obyek wisata yang dapat kamu kunjungi di Korea Selatan. Belum lagi keunikan di negara ini dari segi manapun memang sangat sulit untuk dilewatkan. Jika kamu pecinta drama Korea Selatan, tentu akan ada banyak tempat yang perlu kamu kunjungi. Beberapa situs alam atau istana-istana pun tak kalah indahnya untuk dikunjungi.

(Baca juga : Sekarang Ada Layanan Bahasa Indonesia untuk Turis di Korea Selatan)

Jalan-jalan di Jepang
Tak kalah dengan Korea Selatan, Jepang juga memiliki obyek wisata dan berbagai tempat yang perlu kamu kunjungi. Dari mulai situs alam, tempat berbelanja, tempat kuliner, atau juga tempat bersejarah yang tak kalah menarik dari Korea Selatan.

Wisatawan berfoto di bell of tenjo. Lonceng berbentuk hati kalau difoto seakan-akan persis berada di hadapan Gunung Fuji. Sangat diincar wisatawan untuk berfoto.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan berfoto di bell of tenjo. Lonceng berbentuk hati kalau difoto seakan-akan persis berada di hadapan Gunung Fuji. Sangat diincar wisatawan untuk berfoto.

Jawaban: Seimbang
Ronde yang ketat, kedua negara memiliki obyek wisata yang sama-sama menarik dan juga tak memakan banyak biaya. Hmm, semakin bingung ya.

4. Akomodasi

Biaya penginapan di Korea Selatan
Kamu akan mendapati berbagai pilihan penginapan dengan harga miring di Korea Selatan, dan terlebih di kota yang memang kamu inginkan untuk menetap. Mulai dari harga Rp 400.000 per malam, kamu bisa menemukan hotel yang layak untuk kamu tempati. Kota-kota seperti Myeongdong, Dongdaemun serta Hongdae akan menawarkan banyak pilihan hotel untuk kamu.

Halaman:
Sumber KKDay.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com