Mencoba Teknik Pewarnaan Tradisional Surikomi-Yuzen di Kyoto - Kompas.com
Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

Mencoba Teknik Pewarnaan Tradisional Surikomi-Yuzen di Kyoto

Kompas.com - 08/02/2018, 13:56 WIB
Sebelum mulai mewarnai di Marumasu Nishimuraya, Kyoto, Jepang, ada ratusan motif yang bisa dipilih, mulai dari binatang, bunga, hingga monster. KARAKSA MEDIA Sebelum mulai mewarnai di Marumasu Nishimuraya, Kyoto, Jepang, ada ratusan motif yang bisa dipilih, mulai dari binatang, bunga, hingga monster.

KOMPAS.com - Marumasu Nishimuraya yang terletak di Kyoto, Jepang ini merupakan sebuah workshop legendaris yang terkenal dengan teknik Kyo-Yuzen (teknik mewarnai tradisional Kyoto) dan telah beroperasi lebih dari 100 tahun.

Di sini, Anda dapat mencoba langsung teknik Surikomi-Yuzen, yaitu teknik mewarnai kain dengan menggunakan kuas.

(Baca juga : Nanzenji, Kuil Cantik nan Instagenic di Kyoto)

Selain jenis item yang dapat diwarnai ada beragam, mulai dari sapu tangan, tas kecil, dompet gamaguchi, hingga cover buku, Anda juga dapat mewarnainya dengan warna yang disukai. Program untuk pemula berkisar dalam waktu 60-90 menit.

Di Marumasu Nishimuraya, Kyoto, Jepang, Anda dapat mencoba langsung teknik Surikomi-Yuzen, yaitu teknik mewarnai kain dengan menggunakan kuas.KARAKSA MEDIA Di Marumasu Nishimuraya, Kyoto, Jepang, Anda dapat mencoba langsung teknik Surikomi-Yuzen, yaitu teknik mewarnai kain dengan menggunakan kuas.
Mewarnai Kain dengan Teknik Surikomi-Yuzen

1. Memilih item dan motif gambar yang ingin dibuat. Ada ratusan motif yang bisa dipilih, mulai dari binatang, bunga, hingga monster.

2. Kertas pola yang digunakan bisa berjumlah 1-5 kertas tergantung motif yang dipilih. Letakkan kertas pola di atas kain dan warnai satu persatu.

3. Tukar kertas pola sesuai urutan yang ditentukan dan warnai dengan warna yang Anda suka. Tips: Jangan terlalu banyak diberi pewarna.

Kain yang telah Anda warnai di Marumasu Nishimuraya, Kyoto, Jepang ini dapat langsung dibawa pulang dan disetrika agar warnanya tidak luntur.KARAKSA MEDIA Kain yang telah Anda warnai di Marumasu Nishimuraya, Kyoto, Jepang ini dapat langsung dibawa pulang dan disetrika agar warnanya tidak luntur.
4. Kain yang telah Anda warnai dapat langsung dibawa pulang dan disetrika agar warnanya tidak luntur, atau dibuat menjadi kipas (3.000 Yen) atau dompet gamaguchi (2.700 Yen~) dan dikirim beberapa hari kemudian. Biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli.

Kyo-machiya dengan Nuansa Tradisionalnya

Selain itu, Anda juga dapat menikmati nuansa tradisional Jepang dari bangunan rumah tradisional, Kyo-machiya. Fasilitas ini memiliki lorong yang memanjang ke dalam.

Di bagian depan, ada toko Kyo-machiya Ran yang menjual item pewarnaan Kyo-Yuzen, seperti tas dan pernak-pernik.

Di bagian belakang, ada toko yang menjual pernak-pernik khas Jepang nan elegan yang diwarnai dengan metode Kyo-Yuzen.

Toko di Kyoto, Jepang, ini menjual pernak-pernik khas Jepang nan elegan yang diwarnai dengan metode Kyo-Yuzen.KARAKSA MEDIA Toko di Kyoto, Jepang, ini menjual pernak-pernik khas Jepang nan elegan yang diwarnai dengan metode Kyo-Yuzen.
Setelah melewati lorong Anda akan menemukan sebuah area terbuka yang disebut Tori-niwa. Workshop ada di ujung area tersebut.

Informasi aktivitas:
Kyo-Yuzen Taiken Introductory Course
Biaya: Sapu tangan 1.300 Yen~, eco bag 2.200 Yen, smartphone case 1.700 Yen, pen case 1.800 yen, dll
Jam: 09.00-18.00 (penerimaan tamu 17.00)
Durasi: 60-90 menit
Booking: Minimal satu hari sebelumnya (melalui home page)

Informasi lokasi:
Alamat: Kyoto-shi, Nakagyo-ku, Ogawa-dori, Oike-sagaru, Tsuboya-cho 457
Jam buka: 09.00-18.00
Libur: -
Akses: 10 menit jalan kaki dari stasiun subway Karasuma Oike

Provided by Japan WalkerTM, Kansai WalkerTM (11 Desember 2017)

Komentar