5 Tips Berkunjung ke Kuil-kuil di Bangkok - Kompas.com

5 Tips Berkunjung ke Kuil-kuil di Bangkok

Kompas.com - 10/02/2018, 09:21 WIB
Wat Arun salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Wat Arun salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).

  BANGKOK, KOMPAS.com – Tidak hanya berburu belanja dengan harga murah di pusat perbelanjaan atau pun di pasar yang terdapat di Bangkok, Thailand. Wisata lain yang bisa Anda lakukan di sana adalah berkunjung ke kuil-kuil.

Beberapa kuil yang bisa Anda datangi di Bangkok antara lain Wat Pho, Wat Arun, Wat Phra Kaeo, Wat Traimit, Wat Benchamabophit, Wat Suthat, dan Wat Saket (Golden Mount).

Nah, ketika Anda berkunjung ke kuil-kuil, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Beberapa waktu lalu, KompasTravel bersama peserta Cordela Vacation Trip to Bangkok berkunjung ke kuil-kuil.

(Baca juga : Ini 3 Tempat yang Bisa Anda Kunjungi dalam Satu Hari di Bangkok)

Berikut ini beberapa tips  untuk Anda  sebelum berkunjung ke kuil yang ada di Bangkok, Thailand, yang dihimpun KompasTravel.


Wat Arun salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Wat Arun salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).

1. Memakai Busana yang Sopan

Hal utama yang harus diperhatikan adalah busana Anda. Di sana tertera papan larangan di mana para turis tidak diperkenankan menggunakan celana pendek dan busana yang nampak seksi.

Dipinjamkan busana luaran untuk turis yang menggunakan busana lengan dan celanan pendek di Wat Pho salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Dipinjamkan busana luaran untuk turis yang menggunakan busana lengan dan celanan pendek di Wat Pho salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).

Sehingga salah satunya di Wat Pho, disediakan busana seperti luaran yang bisa digunakan para turis. Tujuannya agar mereka tetap bisa masuk ke dalam kuil dan berpakaian dengan sopan. Busana ini dipinjamkan secara gratis untuk para turis.

Namun, mereka yang sudah selesai menggunakan harus mengembalikannya.

Wat Arun salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Wat Arun salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).

2. Tidak Menduduki atau Menaiki Bangunan Kuil

Di beberapa kuil pun tepampang larangan bahwa para pengunjung dilarang untuk duduk atau pun menaiki bangunan kuil. Seperti halnya di Wat Arun, di mana terdapat tembok pendek yang bisa saja diduduki pengunjung.

Namun di sana dilarang untuk duduk-duduk, sehingga biasanya para turis yang sedang kelelahan, bisa duduk sebentar di anak-anak tangga bangunan kuil.

Peserta Cordela Vacation membuka alas kaki sebelum masuk melihat patung Budha di Wat Pho salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Peserta Cordela Vacation membuka alas kaki sebelum masuk melihat patung Budha di Wat Pho salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).

3. Bersikap Sopan

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah bersikap sopan. Misalnya saja seperti halnya dalam menggunakan kamera. Anda sebaiknya tahu mana yang pantas untuk diabadikan dan mana yang kurang pantas.

Demi menghargai budaya setempat, Anda sebaiknya pula mematuhi larangan-larangan yang telah ditetapkan di sana.

Seperti di Wat Pho, ketika melihat patung Buddha, Anda harus melepas sepatu atau sandal, dan topi Anda. Maka ikuti saja. Tidak hanya di Wat Pho, di kuil lainnya, rata-rata pun memiliki aturan yang sama.

Berdoa di Wat Pho salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Berdoa di Wat Pho salah satu kuil ikonik di Bangkok, Thailand, Mingu (4/2/2018).

4. Tidak Mengganggu Orang yang Berdoa

Saat berkunjung ke kuil, tak jarang Anda akan menemukan orang-orang yang sedang berdoa. Maka dari itu, sebaiknya apa pun yang Anda lakukan, jangan sampai mengganggu mereka yang sedang berdoa.

5. Siapkan Biaya Masuk Kuil

Kemudian, sebelum masuk ke kuil-kuil, biasanya ada tarif yang harus Anda bayar. Seperti halnya di Wat Arun, Anda harus membayar sebesar 50 Baht atau sekitar Rp 22.000, dan di Wat Pho Anda harus membayar 100 Baht atau sekitar Rp 44.000.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X