Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Keren Banget", Ini Serunya Kelas Kopi Kompas.com Bersama Caribou Coffee

Kompas.com - 10/02/2018, 17:12 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Aroma kopi begitu kuat tercium saat para peserta Home Brewing French Press and V60 Kompas.com bersama Caribou Coffee memulai membuat kopi dengan kedua teknik tersebut.

Dari ratusan pendaftar, hanya ada 20 orang terpilih yang dapat mengikuti kelas kopi ini secara gratis.

“Kita berusaha untuk melakukan treatment ke pembaca Kompas.com, salah satu caranya dari sisi lifestyle dengan tren membuat kopi. Kita kerjasama dengan Caribou Coffee. Kita menyaring 20 orang yang terpilih,” ujar Group Head Marketing Communications Kompas.com, Max Gilang saat acara Home Brewing French Press and V60 Kompas.com bersama Caribou Coffee di Caribou Coffe Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018).

Sementara itu, Senior Marketing Manager Mahadya F&B Group, Erin Arifin menjelaskan bahwa kopi itu berbicara tentang pengalaman. Menurutnya, bisa membawa pengalaman itu sendiri pada para peserta.

“Kita bikin acara ini dari hal yang simple. Seperti bagaimana cara brewing kopi sendiri di rumah, teori dan trik dasarnya apa, kita ingin bagi-bagi itu ke temen-temen semua,” tambah Erin.

Acara pun dimulai sejak pukul 10.00 WIB, para peserta pun dibagi menjadi dua tim. Ada tim A dan tim B yang dibedakan untuk membuat kopi dengan teknik French Press dan V60.

Acara Home Brewing French Press and V60 Kompas.com bersama Caribou Coffee di Caribou Coffe Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018). KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS TOBELI Acara Home Brewing French Press and V60 Kompas.com bersama Caribou Coffee di Caribou Coffe Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018).

Keseruan peserta pun terlihat dari keaktifan para peserta untuk bertanya dan begitu memperhatikan coffee expert dan barista dari Caribou Coffee.

Salah satu peserta yang dianggap paling aktif juga mendapatkan buah tangan dari Kompas.com dan Caribou Coffee yakni Joseph Samuel (35).

Menurut pria yang bekerja sebagai karyawan swasta, acara ini sangat bagus dan memberikan edukasi untuk masyarakat.

“Acaranya oke banget. Karena bisa mengedukasi orang tentang cara bagaimana minum kopi. Bahwa kopi itu nggak selalu kental, nggak selalu pahit, tapi bisa ada aroma dan taste-nya. Acaranya keren banget, terima kasih untuk Kompas.com dan Caribou Coffee,” kata Joseph.

Dia juga menjelaskan, dalam kelas kopi tersebut mendapatkan pembelajaran mengenai pembuatan kopi dengan metode French Press dan V60. Dari sana, dia mengaku mendapat pemahaman baru soal kopi itu sendiri.

“Ya dapat pemahaman yang baru, ternyata variabel yang banyak itulah salah satu keuntungannya. Kita nggak bisa temukan kopi mana yang paling enak karena kembali lagi ke selera masing-masing,” kata dia.

acara Home Brewing French Press and V60 Kompas.com bersama Caribou Coffee di Caribou Coffe Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018). KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS TOBELI acara Home Brewing French Press and V60 Kompas.com bersama Caribou Coffee di Caribou Coffe Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018).
Hal serupa pun diungkapkan oleh peserta lainnya, Irwan Sumoharjo (38), bahwa bisa belajar banyak dan mendapatkan hal baru dari acara ini.

“Acaranya menarik buat yang belum mengenal kopi maupun yang sudah mengenal kopi. Banyak yang didapatkan, bikin kopi dengan manual brewing itu kan unik dan belajar banyak. Jadi belajar hal baru lagi sih,” kata Irwan.

Tak hanya para pria yang menjadi peserta, wanita pencinta kopi pun bisa mengikuti acara ini. Seperti halnya Abrina Simanjuntak (29), yang mulanya mengetahui acara ini dari media sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com