Dodol Sepanjang 4.000 Meter di Bekasi Dibuat Selama 10 Hari - Kompas.com

Dodol Sepanjang 4.000 Meter di Bekasi Dibuat Selama 10 Hari

Kompas.com - 12/02/2018, 16:29 WIB
Sisa-sisa dodol sepanjang 4.000 meter dalam acara Bekasi Zaman Now, di Jalan Boulevard Ahmad Yani Summarecon, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (11/2/2018).KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Sisa-sisa dodol sepanjang 4.000 meter dalam acara Bekasi Zaman Now, di Jalan Boulevard Ahmad Yani Summarecon, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (11/2/2018).

BEKASI, KOMPAS.com – Dodol terpanjang yang hadir dalam acara " Bekasi Zaman Now" telah memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri). Ketua Umum Asosiasi Jasaboga Indonesia (APJI), Ayu Mulyadi mengatakan pada Minggu (11/2/2018) dodol terpanjang tersebut sudah dihitung oleh pihak Muri.

“Kemarin kita sudah buat (dodolnya) dan ditetapkan sebagai dodol terpanjang oleh Muri. Tetapi memang tidak terlalu besar selebrasinya. Kami sudah memegang sertifikatnya,” kata Ayu saat dihubungi KompasTravel, Senin (12/2/2018).

(Baca juga : Wah, Ada Dodol 4 Km Membentang di Jalanan Bekasi)

Ia menjelaskan, dodol tersebut dibuat 4.000 meter atau empat kilometer untuk menandingi rekor sebelumnya, yakni dodol sepanjang 3.000 meter di Tangerang, Banten.

Dodol sepanjang 4.000 meter pun dibuat oleh 30 perajin dodol atau yang bisa disebut pendodol di Bekasi selama kurang lebih 10 hari.

“Pembuatan ini nggak ada kesulitannya, karena yang membuat adalah mereka para perajin yang sudah sangat pandai,” kata Ayu.

Sisa-sisa dodol sepanjang 4.000 meter dalam acara Bekasi Zaman Now, di Jalan Boulevard Ahmad Yani Summarecon, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (11/2/2018).KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Sisa-sisa dodol sepanjang 4.000 meter dalam acara Bekasi Zaman Now, di Jalan Boulevard Ahmad Yani Summarecon, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (11/2/2018).
Adapun proses yang dilakukan antara lain memarut sebanyak 4.000 butir kelapa. Setelah itu kelapa diperas dan dimasukkan ke dalam ember besar. Lalu dicampur dengan gula dan tepung, kemudian dimasukkan ke wajan besar dan diaduk.

Menurut Ayu, proses yang memakan waktu lama adalah pada proses mengaduk. Para pendodol pun harus bergantian mengaduk dodol hingga bewarna kecoklatan. Sekali membuat adonan, untuk mengaduk dodol hingga mengental membutuhkan waktu 9 hingga 10 jam. Setelah selesai, dodol pun dimasukkan ke dalam plastik.

Sejak Minggu dini hari, dodol pun sudah siap dipasangkan di tali yang telah disiapkan. Kendati demikian, dodol tersebut pun telah dinikmati oleh warga yang berdatangan ke acara "Bekasi Zaman Now".

Setelah dodol, Ayu mengatakan berencana akan memecahkan kembali rekor Muri dengan sajian lain khas Bekasi, seperti halnya gabus pucung.

Stand kuliner dalam acara Bekasi Zaman Now, di Jalan Boulevard Ahmad Yani Summarecon, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (11/2/2018).KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Stand kuliner dalam acara Bekasi Zaman Now, di Jalan Boulevard Ahmad Yani Summarecon, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (11/2/2018).
Acara "Bekasi Zaman Now" telah digelar di Jalan Boulevard Ahmad Yani Summarecon, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Minggu sejak pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Acara tersebut bertujuan memperkenalkan mulai dari senibudaya, hingga kuliner khas Bekasi pada masyarakat.

Selain dodol, ada sekitar 192 stand, mulai dari kuliner, hiburan, seni dan budaya yang bisa dinikmati warga. Kemudian juga ada pelayanan satu atap untuk warga, beberapa diantaranya layanan pembuatan KTP elektronik dan pembuatan SIM keliling.


Komentar

Close Ads X