Mencari Makanan Halal di Singapura, Perhatikan Logo Ini - Kompas.com

Mencari Makanan Halal di Singapura, Perhatikan Logo Ini

Kompas.com - 14/02/2018, 07:10 WIB
Salah satu restoran di Singapura yang mencantumkan logo halal, Kublai Khan yang menjual masakan Mongolia dan Jepang. Kublai Khan terletak di lantai dua pusat perbelanjaan The Central di Jalan Eu Tong Sen, Singapura. KOMPAS.COM/SHERLY PUSPITA Salah satu restoran di Singapura yang mencantumkan logo halal, Kublai Khan yang menjual masakan Mongolia dan Jepang. Kublai Khan terletak di lantai dua pusat perbelanjaan The Central di Jalan Eu Tong Sen, Singapura.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berwisata ke Singapura, mengunjungi berbagai tempat wisata dengan berbagai keragamannya tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Meski demikian, bagi anda wisatawan muslim harus berhati-hati dalam menentukan menu makanan. Di negara singa ini cukup sulit mencari restoran yang menyajikan makanan halal.

Tentu anda harus berhati-hati dalam memilih makanan baik yang dibeli dari restoran tertentu atau makanan kemasan yang dibeli di toko-toko sekitar.

No Pork no Lard

Di Singapura mungkin anda akan dengan mudah menemui restoran yang memiliki plang bertuliskan "no pork no lard" yang artinya tanpa daging babi dan tanpa lemak babi. Namun "no pork no lard" tak sepenuhnya menjamin makanan tersebut halal.

(Baca juga : 2 Kuliner Mi Halal yang Harus Dicoba di Chiang Mai Thailand)

Kata halal juga berkaitan dengan proses pemotongan daging, higienisitas makanan atau bagaimana daging atau bahan masakan tersebut disimpan. Bahan makanan yang disimpan bersamaan dengan bahan makanan lain yang masuk kategori haram tentu harus dihindari juga.

(Baca juga : Tips Memilih Makanan Halal di Hongkong)

Tak hanya restoran berlabel "no pork no lard", restoran vegetarian pun belum tentu halal. Restoran vegetarian dikatakan benar-benar halal jika seluruh peralatan masaknya tak pernah digunakan untuk memasak makanan tak halal.

Sertifikat Halal

Meski demikian pemerintah setempat telah mengampanyekan resto halal untuk melindungi konsumen dan wisatawan muslim. Sebuah lembaga negara, MUIS (Majlis Ugama Islam Singapura) menerbitkan sertifikat halal untuk restoran-restoran yang menyajikan ahidangan yang 100 persen halal.

MUIS ini mirip Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mereka memiliki standar-standar tertentu untuk menilai halal atau tidaknya makanan yang disajikan suatu restoran atau yang dijual di pasaran.

Selain memberikan sertifikat restoran yang dinyatakan halal dapat mencantumkan logo halal di depan plang restorannya. Salah satu restoran yang mencantumkan logo halal adalah restoran Kublai Khan yang menjual masakan Mongolia dan Jepang.

Kublai Khan terletak di lantai dua pusat perbelanjaan The Central di Jalan Eu Tong Sen, Singapura. Di ujung eskalator menuju resto, terpampang dengan jelas logo halal di ujung atas plang nama resto.

Logo halal berupa bulatan berwarna hijau dengan garis-garis melintang dan membujur dan dilengkapi dengan tulisan halal berwarna putih.

"Makanan yang kami sajikan sepenuhnya halal, kami sudah punya sertifikat," ujar petugas yang menjaga pintu masuk menuju resto.

Jika anda masih kesulitan mencari resto berlogo halal, anda dapat mengunjungi restoran makanan cepat saji terkemuka seperti McDonald.


Komentar

Close Ads X