Cokelat Putih hingga Cokelat "Pink", Ini Jenis-jenis Cokelat - Kompas.com

Cokelat Putih hingga Cokelat "Pink", Ini Jenis-jenis Cokelat

Kompas.com - 14/02/2018, 13:36 WIB
Cokelat hitamThinkstock Cokelat hitam

KOMPAS.com - Valentine identik dengan cokelat. Sebelum Anda membeli cokelat untuk diberikan ke orang terkasih, ada baiknya Anda mengenal jenis-jenis cokelat.

Rasa asli cokelat itu sendiri adalah pahit. Cokelat batangan manis yang dijual di pasaran merupakan olahan cokelat yang sudah diberi tambahan rasa, misalnya susu dan gula.

Proses pembuatan cokelat dari kakao, dimulai dari pemetikan buah kakao yang matang. Biji kakao kemudian melalui proses fermentasi, pengeringan, hingga penyangraian. Kemudian biji digiling hingga menghasilkan pasta cokelat. Dari pasta ini kemudian dipisahkan menjadi lemak cokelat dan cokelat bubuk.

Baca juga : Cokelat Pink, Jenis Cokelat Terbaru yang Instagramable

Pada cokelat batangan, Anda bisa melihat persentase kandungan cokelat di labelnya. Semakin tinggi persentasenya, berarti semakin tinggi kandungan pasta cokelat dan lemak cokelatnya. Rasa asli cokelat pun semakin terasa. Berikut beberapa jenis cokelat.

1. Cokelat Susu

Milk chocolate atau cokelat susu adalah cokelat (pasta cokelat dan lemak cokelat) yang sudah diberi susu. Beberapa cokelat susu batangan berkualitas tinggi menggunakan 30-40 persen kakao.

Teksturnya lebih halus dan lebih mudah meleleh dibanding cokelat non-susu. Tentu saja, rasanya lebih manis dan tidak terlalu pahit. Karena mudah meleleh, cokelat susu batangan kerap langsung dimakan begitu saja.

2. Cokelat Putih

White chocolate atau cokelat putih tidak mengandung kakao yang utuh. Cokelat putih hanya mengandung lemak cokelat, oleh karena itu warnanya tidak coklat. Selain itu, cokelat putih juga mengandung gula. Rasanya pun cenderung manis, creamy, dan tanpa rasa pahit.

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung pasta cokelat yang tinggi. Cokelat hitam yang benar-benar pekat, bisa mengandung pasta cokelat hingga 90 persen. Rasanya tentu saja pahit dan biasanya dipakai untuk memasak. Namun belakangan ada tren makan cokelat hitam untuk kesehatan. Sebab, umumnya cokelat hitam mengandung cokelat murni alias tidak diberi tambahan gula.

4. Unsweetened Chocolate

Seperti cokelat hitam, unsweetened chocolate atau cokelat yang tidak diberi pemanis, merupakan cokelat batangan yang terbuat dari pasta cokelat dan lemak cokelat. Rasanya begitu pahit dan tidak dimakan begitu saja. Cokelat jenis ini biasanya dipakai untuk memasak atau bahan kue.

5. Cokelat Jambon

Cokelat jambon atau pink chocolate merupakan cokelat berwarna merah muda yang terbuat dari biji kokoa "Ruby". Kokoa ini berasal dari Ekuador dan Brasil serta perlu 13 tahun untuk mengembangkan biji kokoa menjadi cokelat jambon. Cokelat ini tergolong baru dan belum banyak beredar di pasaran.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X