Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Baper! 2 Pink Beach Ini Bisa Jadi Tempat Paling Romantis

Kompas.com - 15/02/2018, 08:47 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembutya pasir merah muda di pantai akan sangat jarang Anda temukan di berbagai tempat. Indonesia sendiri punya dua pantai dengan julukan "Pink Beach" yang eksotik.

Keindahan keduanya sudah tak diragukan lagi. hamparan pasir putih kemerahan yang lembut menyambut Anda bersama pasangan yang ingin melepas penat.

Baca juga : 5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Lombok

Penasaran dengan keduanya? Berikut KompasTravel rangkum kedua keindahan pantai tersebut. Bagi yang sudah punya pasangan, mungkin bisa jadi bucket list kalian.

1. Pink Beach, Pulau Komodo

Pink Beach yang pertama, merupakan daya tarik lain dari Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang telah dinobatkan menjadi salah satu dari nominasi tujuh keajaiban alam di dunia.

Pemandangan Pink Beach di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (30/11/2010). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pemandangan Pink Beach di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (30/11/2010).
Warna pinknya sangat menawan ketika sore hari, pantulan sinar saat sunset membuat pasirnya benar-benar terlihat pink.

Baca juga : Selain Komodo, Ada 5 Destinasi Wisata di Sekitar Labuan Bajo

Ciri khas pantai pink ini ialah dikelilingi tebing dan gunung-gunung kapur khas Pulau Komodo. Memiliki lebih sedikit pepohonan dari pink beach lain.

Selain warna pantainya yang unik, kawasan Pink Beach Pulau Komodo, menjadi tempat untuk ber-snorkeling, menyelam untuk melihat keunikan satwa dan keanekaragaman hayati bawah lautnya.

Baca juga : Selain Komodo, Pink Beach di Flores Juga Memikat Wisatawan

Warna-warni terumbu karangnya pun masih terjaga dengan baik. Berbagai jenis ikan bawah laut yang khusus ada di perairan Manggarai Barat, khususnya dalam kawasan Taman Nasional Komodo dapat dijumpai di bawah lautnya.

Turis asing snorkeling di Pink Beach, Labuan Bajo, dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Keunikan dan keindahan bawah laut di sekitar pantai menjadi daya tarik wisatawan untuk berwisata ke pantai itu, Rabu (10/5/2017). KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Turis asing snorkeling di Pink Beach, Labuan Bajo, dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Keunikan dan keindahan bawah laut di sekitar pantai menjadi daya tarik wisatawan untuk berwisata ke pantai itu, Rabu (10/5/2017).
Biasanya, wisatawan berkunjung ke pulau itu setelah pulang dari kawasan Loh Liang, Pulau Komodo untuk melihat komodo. Sesudah melihat komodo, wisatawan juga melihat keunikan dan keindahan bawah laut di Pink Beach.

2. Pantai Tangsi, Lombok

Di balik gugusan Gili-nya yang begitu menawan pulau ini juga menyimpan keindahan lain berupa pantai pink yang bernama asli Pantai Tangsi. Lokasinya di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Pink, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, belum banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Warna pasirnya yang merah jambu bila terkena air dan sinar matahari menjadi daya tarik bagi pelancong yang mengunjungi pantai ini.KOMPAS/KHAERUL ANWAR Pantai Pink, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, belum banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Warna pasirnya yang merah jambu bila terkena air dan sinar matahari menjadi daya tarik bagi pelancong yang mengunjungi pantai ini.
Berbeda dari pantai pink pada umumnya yang mengeluarkan warna akibat pantulan cahaya matahari sore. Warna pink di Pantai Tangsi ini berasal dari pecahan karang di sekitarnya yang memiliki warna serupa.

Baca juga : Mulai Langka, Sarapan dengan Serabi Sasak di Lombok

Lokasinya yang berada di tempat terpencil membuat wisatawan yang datang seakan memiliki pantai pribadi. Di sekitarnya juga banyak pulau dan pantai lain yang bisa dikunjungi, jadi memang relatif sepi.

Pink Beach Lombok ini bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaraan bermotor karena ada akses darat untuk menuju pantai. Artinya untuk pergi ke pantai yang ada di Lombok ini sedikit lebih mudah karena tak perlu sewa perahu.

Seorang nelayan di Pantai Pink, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.DWI LASKAR PELANGI Seorang nelayan di Pantai Pink, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Soal keindahan, Pantai Tangsi ini tak kalah dari yang lain. Wisatawn juga bisa berenang, berkemah hingga snorkeling menggunakan perahu terlebih dahulu.

Meski pasir pinknya berasal dari pecahan karang, tapi tekstur pasirnya amat lembut. Wisatawan bahkan suka menyamainya dengan kelembutan tepung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com