Liburan Imlek di Jakarta Bisa Kunjungi Tempat Ini - Kompas.com

Liburan Imlek di Jakarta Bisa Kunjungi Tempat Ini

Kompas.com - 15/02/2018, 09:18 WIB
Petugas memasang lilin di Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin), Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (12/2/2018). Persiapan di sejumlah vihara untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2569 yang jatuh pada 16 Februari 2018.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Petugas memasang lilin di Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin), Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (12/2/2018). Persiapan di sejumlah vihara untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2569 yang jatuh pada 16 Februari 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak perlu bingung saat libur panjang akhir pekan nanti saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Untuk Anda yang khususnya berada di Jakarta dan tidak memiliki rencana bepergian ke luar kota, bisa berwisata di Jakarta.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada saat Tahun Baru Imlek. Mulai dari berkunjung ke kelenteng hingga menyaksikan hiburan di obyek wisata, seperti yang dihimpun KompasTravel berikut ini.

Petugas memasang lilin di Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin), Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (12/2/2018). Persiapan di sejumlah vihara untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2569 yang jatuh pada 16 Februari 2018.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Petugas memasang lilin di Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin), Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (12/2/2018). Persiapan di sejumlah vihara untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2569 yang jatuh pada 16 Februari 2018.
1. Berkunjung ke Kelenteng

Ketika berkunjung ke kelenteng, Anda bisa melihat bagaimana kegiatan warga Tionghoa saat Imlek, seperti berdoa di kelenteng. Di Jakarta sendiri terdapat banyak kelenteng.

Baca juga : Enam Hidangan Khas Imlek dan Artinya

Namun, Anda pun bisa berkunjung ke kelenteng di kawasan pecinan, salah satunya Wihara Dharma Bhakti. Tak jauh dari sana, Anda pun bisa melihat beberapa kelenteng yang terdekat.

Pedagang pernak-pernik Tahun Baru China atau Imlek di Pasar Glodok di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (25/1/2017). Aktivitas ekonomi di Pasar Glodok menunjukkan peningkatan dan para pedagang sudah menjajakan berbagai kebutuhan perayaan menjelang Imlek 2568 pada 28 Januari 2017.GARRY ANDREW LOTULUNG Pedagang pernak-pernik Tahun Baru China atau Imlek di Pasar Glodok di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (25/1/2017). Aktivitas ekonomi di Pasar Glodok menunjukkan peningkatan dan para pedagang sudah menjajakan berbagai kebutuhan perayaan menjelang Imlek 2568 pada 28 Januari 2017.

2. Berkunjung ke Kawasan Pecinan Petak Sembilan, Glodok

Kawasan pecinan bisa menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi, letaknya di daerah Glodok, Jakarta Barat. Kawasan Pecinan Petak Sembilan merupakan saksi bisu perkembangan masyarakat Tionghoa di Jakarta.

Baca juga : 5 Hal Ini Harus Diperhatikan Saat Berkunjung ke Kelenteng

Di kawasan tersebut terdapat bangunan wihara, pertokoan, hingga ruko. Kemudian Anda pula bisa melihat dan membeli pernak-pernik seperti angpao hingga lampion. Kemudian juga bisa menyicip atau membeli makanan khas Imlek yang ada di sana, seperti kue keranjang.

Perguruan Cetiya Kusala Cetana asal Banten menampilkan pertunjukan Liong dalam rangka libur Tahun Baru Imlek di Atlantis Water Adventure Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Senin (8/2/2016).Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Perguruan Cetiya Kusala Cetana asal Banten menampilkan pertunjukan Liong dalam rangka libur Tahun Baru Imlek di Atlantis Water Adventure Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Senin (8/2/2016).
3. Ancol

Selain ke kelenteng dan kawasan pecinan, Anda pun bisa datang ke obyek wisata untuk menikmati beberapa hiburan khas Imlek. Seperti Taman Impian Jaya Ancol menggelar Ancol Imlek Festival, di mana aka nada pertunjukan barongsai, liong, tari seribu tangan hingga penerbangan lampion pada 16 hingga 18 Februari 2018.

Baca juga : Sambut Imlek, Ancol Siapkan Pertunjukan Barongsai hingga Lampion

Kemudian juga Manajemen Taman Impian Jaya Ancol akan membagikan 2.569 buah angpau untuk pengunjung Dunia Fantasi dalam rangka hari Raya Imlek pada Minggu (18/2/2018).

Menurut Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari, para pengunjung bisa mengambil angpau di pohon yang disiapkan pengelola pada pukul 14.00 WIB. Lalu angpau juga akan dibagikan saat Parade Spesial Imlek di Dufan pukul 16.00 WIB.

Perayaan tahun baru Imlek di tahun shio anjing di Mall of Indonesia mulai 19 Januari hingga 25 Februari 2018, Kelapa Gading Jakarta Utara, Sabtu (27/1/2018).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Perayaan tahun baru Imlek di tahun shio anjing di Mall of Indonesia mulai 19 Januari hingga 25 Februari 2018, Kelapa Gading Jakarta Utara, Sabtu (27/1/2018).
4. Melihat Hiburan Imlek di Mal

Jika Anda tak ingin repot, bisa saja datang mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta. Beberapa mal pun turut memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek dengan ornamen khas Imlek dengan warna merah dan emas, serta sejumlah acara.

Seperti salah satunya Mall of Indonesia, menghadirkan hiburan yang mengandung unsur budaya, seperti barongsai, Guzheng atau orkestra tradisional, dan pertunjukan spesial dari Koko Cici Jakarta.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X