Wah, Ternyata Begini Cara Wujudkan Mimpi Liburan ke Destinasi Impian! - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Air Asia

Wah, Ternyata Begini Cara Wujudkan Mimpi Liburan ke Destinasi Impian!

Kompas.com - 15/02/2018, 19:17 WIB
Bunga sakura merupakan salah satu daya tarik paling populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Jepang.THINKSTOCK Bunga sakura merupakan salah satu daya tarik paling populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Jepang.

KOMPAS.com – Saat itu Jepang sudah masuk musim semi. Tampak seorang laki-laki menggelar tikar di rerumputan pada sebuah taman. 

Dari tempat ia duduk, terlihat hamparan bunga sakura. Aromanya menyerbak ke seluruh penjuru taman. Seraya memandang bunga berwarna merah muda itu, ia tersenyum bahagia karena salah satu impiannya sejak kecil bisa terwujud. 

Ia, Zen Elo (23) memang punya keinginan kuat untuk mengunjungi Jepang. Tayangan kartun favorit sejak kecil, seperti Doraemon dan Detective Conan, membuatnya kagum dengan negara tersebut.

Terlebih lagi, fakta mengenai perkembangan teknologi di sana semakin menantangnya untuk menyelami lebih jauh kehidupan sosial masyarakat Jepang.

“Lihat saja bagaimana kehidupan sehari-hari warga Jepang. Bagi mereka, berinteraksi dengan robot adalah sesuatu yang lumrah dilakukan,” ujar Zen Elo pada beberapa temannya mengungkapkan betapa ia kagum.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (26/10/2017), hampir semua sektor di Jepang saat ini telah memanfaatkan teknologi tinggi tersebut.

Ia ingat, pada sebuah laman Koran yang pernah dibacanya ada informasi mengenai sebuah restoran sushi, Gin no Sara, menggunakan robot sebagai pengantar sushi ke rumah-rumah pelanggannya.

Ilustrasi sushiKOMPAS.com/ALEK KURNIAWAN Ilustrasi sushi

Baca juga: Begini Cara Jepang Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Modern...

Selain restoran, beberapa hotel pun sudah menggunakan robot sebagai pekerjanya. Salah satu yang ia ingat adalah hotel di Prefektur Chiba, Henn-Na Hotel—yang menggunakan jasa 140 robot sebagai staf.

Sisi lain yang membuatnya kagum juga adalah warga Jepang yang tak pernah lupa tradisi budaya. Meskipun terkesan modern, nyatanya mereka tak pernah meninggalkan adat istiadat. Itulah mengapa, kuil di sana tampak terawat dan masih lestari. Sudah begitu, bentuk aslinya dari tahun ke tahun tak pernah diubah.

Kompas.com pada 2013 pernah memberitakan bahwa kaisar yang memimpin reformasi di negara itu pada abad ke-16 tetap ingin melestarikan hasil peradaban kuno dan warisan-warisan budaya Jepang.

Baca juga: Bertemunya Kuno dan Modern

Maka wajar kalau Negeri Matahari Terbit ini begitu dikenal sebagai negara yang sukses memadukan sisi modern dan tradisionalnya.

Perpaduan unik antara sisi modern dan tradisional di Jepang.THINKSTOCK Perpaduan unik antara sisi modern dan tradisional di Jepang.

Membuat mimpi jadi nyata

Dari beragam informasi tersebut, keinginan Zen Elo untuk pergi ke Jepang semakin kuat. Karenanya, beberapa bulan belakangan ini ia mulai tekad menabung. 

Saat ini, ia punya tabungan Rp 3 juta. Rencananya, ia akan menyisihkan uang jajan sebesar Rp 300.000 setiap bulan untuk bisa membeli tiket penerbangan menuju Jepang.

Sesekali juga ia mengambil kerja paruh waktu dengan mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak sekolah dan berhasil menyisakan Rp 200.000 pendapatannya. Target dia, dua tahun ke depan sudah bisa menginjakkan kaki di sana.

Di samping itu, ia rajin mengumpulkan informasi tiket penerbangan. Untuk harga penerbangan normal, biaya tiket berkisar Rp 5 juta sampai Rp 7 juta sekali jalan.

Beberapa kali berpikir, Zen Elo akhirnya berencana memilih budget airlines agar selisih harga tiketnya bisa dialokasikan pada hal lain. Misalnya, untuk biaya penginapan dan kebutuhan makan.

Kebetulan,  salah satu maskapai penerbangan yang dimaksud, AirAsia telah membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Tokyo.

Merujuk laman resminya, tiket penerbangan rute kedua kota tersebut pergi dan pulang sekitar Rp 5 juta.

Jika Zen Elo setiap bulannya bisa menyisihkan kurang lebih Rp 500.000, maka ia baru bisa membeli tiket 10 bulan ke depan. Selanjutnya, ia tinggal mencari tambahan tabungan untuk mencukupi kebutuhan di sana.

Sebenarnya, rencana pergi ke Jepang sudah ia upayakan tahun lalu. Yakni dengan mencoba mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar di kampusnya. Sayangnya, usaha dia belum mendapatkan hasil. Zen Elo tersisih di tengah jalan dan gagal menuju Negeri Sakura.

Meskipun begitu, ia tetap berusaha untuk menggapai impian. Sampai pada suatu hari, ia terpikir untuk memburu tiket promo saja. 

Sejak itu, ia rajin mendaftarkan email pada situs web maskapai penerbangan. Bahkan, tak tanggung-tanggung, aplikasi mobile AirAsia pun tak luput dia unduh. Ia berharap mendapatkan informasi saat ada promo.  

Bagai mendapatkan durian runtuh. Impian semakin terasa nyata lima bulan kemudian ketika  ia mendapatkan notifikasi pesan masuk via email.

Isinya, ada potongan harga khusus untuk rute internasional. Dalam pesan tersebut, rute ke Jepang adalah salah satu yang mendapatkan potongan harga.

Telepon genggamnya kemudian tak pernah lepas dari tangan. Ia rajin membuka aplikasi mobile maskapai penerbangan itu. Sayangnya, beberapa kali ia coba mendapatkan tiket promo di tanggal incaran belum juga berhasil. Ia kalah cepat dengan orang lain.

Sesaat terlintas di pikirannya tentang hamparan bunga sakura dan robot-robot di Jepang. Pikiran itu tak pernah membuatnya bisa sabar untuk berkunjung langsung.

Hampir setiap hari, dan waktu-waktu khusus ia coba dapatkan tiket promo. Sampai akhirnya, Zen Elo berhasil menemukan tiket dengan potongan setengah harga dari harga normal.

Ilustrasi liburan impianTHINKSTOCK Ilustrasi liburan impian

Sungguh gembira suasana hati Zen Elo pada saat itu. Mimpinya terwujud berkat kegigihan dan kesabaran. 

Punya impian yang sama dengan Zen Elo untuk mengunjungi destinasi impian? Cara yang sama bisa dipakai untuk mewujudkannya.

Tak perlu khawatir sulit mendapatkan tiket. Promo tiket murah kerap kali diselenggarakan oleh beberapa maskapai penerbangan. Seperti yang saat ini diselenggarakan AirAsia dengan tajuk AirAsia Travel Bazaar mulai 12-18 Februari 2018. Cara ikutnya gampang karena penyelenggaraannya dilakukan dalam jaringan. 

Ada banyak diskon menarik yang ditawarkan, seperti potongan harga sebesar 70 persen untuk tiket pesawat rute internasional, diskon 70 persen untuk pemesanan hotel, dan sale up to 80 persen untuk aksesori traveling. Dengan ini, siapapun bisa #BikinJadiNyata liburan impian seperti Zen Elo.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar