Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Lokasi Menjajal Motocross untuk Pemula

Kompas.com - 16/02/2018, 21:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang minat dengan wisata petualangan, aktivitas motocross layak untuk dicoba. Di Indonesia, ternyata amat banyak trek untuk bermain motocross, baik untuk pemula maupun untuk profesional.

Koordinator Lapangan dari Lightning Production yang rutin menggelar kejuaraan-kejuaraan tinggat nasional, Warsito merekomendasikan beberapa tempat yang cocok untuk pemula menjajal motor trailnya.

"Hampir semua kota-kota besar dan kecil di Indonesia itu punya sirkuit trail. Jadi buat pemula jangan pusing, banyak pilihan," tuturnya pada KompasTravel, saat konfrensi pers Kratingdaeng di Atlet Century, Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Pertama ia merekomendasikan sirkuit yang berada di Kabupaten Sleman. Dengan nama Sirkuit Sleman, lokasinya tak jauh dari pusat Sleman.

"Konturnya berpasir, asik buat belajar awal," ujar Warsito.

Selain Sleman, ia juga merekomendasikan salah satu sirkuit di Temanggung. Dengan kontur lintasan tanah menurutnya bagus untuk tempat pemula mencoba motor trailnya.

Sementara, yang dekat dengan Ibu Kota ia merekomendasikan Sirkuit Pakansari di Kabupaten Bogor. Sirkuit yang berada di sisi Stadion Pakansari, Cibinong tersebut cocok untuk pemula saat medan yang kering.

"Kalau udah diguyur hujan trek itu cukup menantang, tapi Bogor kota hujan. Jadi siap-siap saja," ungkap Warsito.

Bagi wilayah Jawa Timur, favoritnya untuk melatih pemula ialah di Sirkuit Jagung. Sirkuit tersebut berada di dalam lahan pabrik Rokok Jagung, sehingga dinamakan Sirkuit jagung.

"Geografisnya naik turun, jadi cukup unik. Asyik buat belajar pelan-pelan," katanya.

Menurutnya bagi yang penasaran dan tertarik untuk bermain salah satu olahraga ekstrim ini jangan ragu untuk mencobanya. Karena di Indonesia amat banyak tempat untuk mencoba, tidak seperti di negara lain yang sirkuitnya sudah ber aspal semua.

"Keunggulan Indonesia ada di cross, mangkanya berbagai kompetisi kejuaraan internasional sampai yang tingkat tertinggi bisa sebenarnya diadakan di Indonesia," tutup Warsito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com