Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa Membawa Ini Saat Perjalanan Jauh

Kompas.com - 17/02/2018, 08:30 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhir pekan dengan libur yang cukup panjang, rasanya menjadi momen orang-orang untuk berlibur ke luar kota. Beberapa orang memilih berlibur ke kota yang tak jauh letaknya dari kota asal.

Misalnya saja warga Jakarta yang biasanya akan menghabiskan libur panjang ke destinasi yang tak terlalu jauh seperti Bandung, Bogor, Cirebon, Banten, hingga Yogyakarta.

Tak menutup kemungkinan, mereka juga memilih berlibur menggunakan mobil pribadi. Alhasil mereka akan menempuh perjalanan cukup jauh sebelum sampai di kota tujuan.

Baca juga : Tips Jaga Stamina saat Liburan di Musim Hujan

Oleh sebab itu, persiapkan betul jelang perjalanan Anda. Berikut ini adalah beberapa barang yang sebaiknya Anda bawa saat menempuh perjalanan jauh yang dihimpun oleh KompasTravel.

Sejumlah wisatawan menikmati salah obyek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu di Curug Cimarinjung, Desa/Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (22/4/2017).KOMPAS.com/BUDIYANTO Sejumlah wisatawan menikmati salah obyek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu di Curug Cimarinjung, Desa/Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (22/4/2017).
1. Makanan atau Bekal

Jika Anda ingin menempuh perjalanan cukup panjang, apalagi bertepatan dengan libur panjang di akhir pekan. Maka Anda harus bersiap-siap menghadapi kemacetan di perjalanan.

Baca juga : Tak Perlu Takut dan Ragu, Ini 5 Tips Wisata Arung Jeram

Nah, maka dari itu jangan lupa untuk siapkan bekal atau makanan yang siap disantap di perjalanan. Bisa membawa makanan berat atau pun camilan agar tidak kelaparan di perjalanan sebelum Anda menemukan rumah makan atau restoran.

2. Obat-obatan Pribadi

Kemudian, Anda juga jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi. Seperti obat mual, pusing, hingga sakit perut. Di perjalanan nanti, Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi.

Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar setinggi 62 meter dengan ratusan anak tangga. Diatasnya wisatawan dapat melihat berbagai pulau kecil dan birunya laut Belitung.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar setinggi 62 meter dengan ratusan anak tangga. Diatasnya wisatawan dapat melihat berbagai pulau kecil dan birunya laut Belitung.
Meski Anda jarang mengalami sakit di perjalanan, sebaiknya siapkan beberapa obat untuk pertolongan pertama sebelum menemukan rumah sakit.

3. Alat Elektronik

Sebelum berangkat dari rumah, perhatikan betul alat eletronik yang Anda bawa beserta perlengkapannya. Setidaknya jangan lupa membawa ponsel beserta kabel charger. Ponsel ini tidak hanya digunakan untuk eksis di media sosial, tetapi juga bermanfaat saat perjalanan.

Baca juga : Simak 7 Tips Melancong dari Pramugari

Misalnya saja, Anda bisa melihat berapa jauh lagi jarak yang akan Anda tempuh melalui peta yang ada di aplikasi ponsel. Kemudian juga untuk memesan penginapan hingga menghubungi rekan atau saudara yang akan dikunjungi.

Lalu barang elektronik lainnya yang bisa Anda bawa di antaranya kamera beserta charger, charger portable untuk di mobil hingga powerbank.

Desa wisata Kampoeng Djowo Sekatul di Kendal, Jawa Tengah.KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Desa wisata Kampoeng Djowo Sekatul di Kendal, Jawa Tengah.
4. Penghangat Tubuh

Nah, barang ini pula rasanya sering terlupakan. Sebaiknya bawa juga penghangat tubuh seperti halnya selimut atau jaket. Dua penghangat tubuh ini sangat bermanfaat apabila suhu di perjalanan terlalu dingin, apalagi jika tiba-tiba Anda sakit di perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com