Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramah dan Senyum, Tugas Berat Samosir Genjot Pariwisata

Kompas.com - 17/02/2018, 17:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPariwisata kini menjadi salah satu sektor yang bertumbuh pesat sehingga berpengaruh pula pada perkembangan ekonomi masyarakat Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Tak tanggung-tanggung Pendapatan Asli Daerah (PAD) Samosir pun meningkat sebesar 81 persen pada tahun 2017.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon berupaya terus meningkatkan sektor pariwisata di Samosir. Beberapa cara pun dilakukan seperti halnya menambah sarana dan peralatan kebersihan. Kemudian juga melakukan promosi dan melaksanakan event di Samosir.

Baca juga : Catat Ini Jadwal Horas Samosir Fiesta 2018

Dia mengatakan, salah satu upaya yang juga dianggap menjadi tugas berat adalah mendidik masyarakat Samosir tentang kepariwisataan.

“Ini jadi tugas berat, karena masalah ramah dan senyum. Ini akan kami terus lakukan untuk memajukan pariwisata. Masyarakat (Samosir) sekarang juga sudah tidak seperti dulu,” kata Rapidin dalam acara Grand Launching Horas Samosir Fiesta 2018, di kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Di kawasan Samosir sendiri, menurut Rapidin, diwajibkan adanya vokasi soal pariwisata. Sehingga setiap sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA di sana diadakan kerja sama dengan Singapura untuk pembelajaran bahasa Inggris.

Selain itu, upaya lainnya tentu meningkatkan aksesibilltas, amenitas, dan atraksi wisata. Menurut dia, akses ke Samosir kini sudah dipermudah dengan dibukanya Bandara Internasional Silangit.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo berjalan memasuki titik awal Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Acara ini berlangsung di dua tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo berjalan memasuki titik awal Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI tahun ini dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Acara ini berlangsung di dua tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).
“Nggak usah ragu untuk datang ke Samosir. Kalau mau lewat jalur darat, dari Bandara Silangit kita siapkan mobil gratis dua kali (keberangkatan) dalam satu hari. Kita juga bangun dua pelabuhan bertaraf internasional,” kata dia.

Kemudian Pemkab Samosir akan melakukan pengembangan pariwisata berbasis geopark serta menambah obyek wisata baru.

Beberapa di antaranya yakni Kawasan Hutan Pinus Tele, Obyek Wisata Pantai Tandarabun, dan Obyek Hutan Wisata Situmorang di Tele.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com