Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Motor Trail Sambil Menikmati Keindahan Gunung Klotok

Kompas.com - 19/02/2018, 20:39 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan olahraga menantang seperti motocross tentu mengasyikkan bagi sebagian orang. Apalagi lintasannya berada di tengah obyek wisata alam yang indah.

Di Kediri, tepatnya di kaki Gunung Klotok, Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kabupaten Kediri,  Jawa Timur, terdapat trek motor trail di tengah wisata alam yang masih asri.

"Kaki Gunung Klotok, Kediri itu lintasannya di dalam kawasan wisata. Bisa sekalian wisata dan ramai juga pas minggu sama liburan," ujar Warsito, Kordinator Lapangan beberapa kejuaraan nasional motorcross kepada KompasTravel, saat konferensi pers Kratingdaeng Supercrosser The Ultimate Dirtwar, di Atlet Century, Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Keindahan wisata kaki Gunung Klotok sepertinya tidak diragukan lagi oleh warga Jawa Timur, umumnya. Lokasinya yang hanya 30 menit dari pusat Kota Kediri, juga menjadikannya selalu ramai di tiap akhir pekan.

Komplek wisata alam ini memiliki berbagai wahana di dalamnya, mulai untuk trekking, outbound, dan trek sepeda gunung. Selain itu, tentunya juga ada trek motocross atau motor trail di kawasannya.

Tak jauh dari sana pun ada wisata Goa Selomangleng yang terkenal, lalu waterboom, Museum Airlangga dengan ratusan koleksi purbakalanya, dan beberapa makam peninggalan leluhur masyarakat sekitar.

Air Terjun Irenggolo di Kediri, Jawa Timur.KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Air Terjun Irenggolo di Kediri, Jawa Timur.
Sayangnya menurut Warsito, belum ada penyewaan motor trail dari pengelola untuk wisatawan. Sehingga bagi yang ingin mencoba keseruannya, harus membawa motor sendiri.

Dengan panjang lintasan 1,2 kilometer dan medan tanah juga sedikit pasir berbatu, menurutnya cukup unik dan menantang.

Anda bisa mengajak keluarga untuk tetap menikmati wisata sekitar, saat Anda juga sedang menikmati sensasi pacu adrenalin dengan motor trail.

Lelah bermain, deretan rumah makan tradisional khas Kediri bisa jadi opsi menghilangkan rasa lapar Anda. Deretan rumah makan tradisional ini berada di Jalan Tumpang, masih di areal wisata Gunung Klotok.

Untuk memasuki beberapa destinasi wisata ini biayanya cukup terjangkau. Rata-rata di setiap destinasinya tiket dijual mulai Rp 5.000 hingga puluhan ribu untuk waterboom-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com