Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keliling Dunia Kurang dari 3 Hari Bisa, Kok, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 20/02/2018, 21:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tim dari Etihad Airways belum lama ini baru memecahkan rekor mengelilingi bumi dengan waktu tercepat. Ia mengelilinginya hanya dalam dua hari lebih empat jam 34 menit, termasuk jam istirahatnya.

Ia adalah Andrew Fisher, salah satu Executive Flight Etihad yang melakukannya hanya dengan menaiki rute pesawat komersil, yang bisa dinaiki siapapun.

Petualangan selama 52 jam 34 menitnya tercatat oleh Guinness World Record di awal tahun 2018 ini. Total jarak yang ia tempuh ialah 41.375 km, dengan empat kali penerbangan komersil.

Dikutip dari siaran pers Etihad Airways yang diterima KompasTravel (18/2/2018), rangkaian perjalanan dengan menggunakan rute penerbangan komersial ini dirancang Andrew hanya dalam waktu tiga jam 13 menit. Ia memang terbiasa memetakan rute-rute penerbangan dunia.

Berikut caranya yang Andrew lakukan, Anda pun bisa melakukannya hanya dengan empat kali penerbangan.

Cara keliling bumi oleh Andrew Fisher.Etihad Airways Cara keliling bumi oleh Andrew Fisher.

1. Ia berangkat dari Shanghai, China menuju Auckland, New Zealand, pada Minggu (21/1/2018). Penerbangannya menggunakan maskapai Air New Zeland NZ 284, yang terbang tepat pukul 02.12 waktu setempat.

Perjalanan tersebut ia tempuh selama 10 jam 52 menit. Sehingga tiba di Auckland, New Zealand tepat pukul 18.04 waktu setempat.

2. Dari Auckland, New Zealand, ia bertolak menuju Amerika Selatan, tepatnya di Buenos Aires, Brazil, pada hari yang sama. Ia menggunakan penerbangan Air New Zealand NZ 30 yang berangkat pukul 20.38 waktu setempat.

Perjalanan tersebut ditempuh selama 10 jam 56 menit, sehingga sampai di Buenos Aires, tepat pukul 15.34 waktu setempat.

3. Dari Buenos Aires, Brazil ia kembali meneruskan perjalanannya ke Amsterdam, Belanda, masih pada tanggal 21 Januari 2018. Penerbangannya kali ini menggunakan maskapai KLM, nomer penerbangan KL 702. Penerbangan dimulai pukul 16.58 waktu setempat.

Dengan menempuh perjalanan 12 jam 39 menit, ia sampai di Amsterdam pukul 09.37 waktu setempat, pada Senin (22/1/2018).

4. Pulang ke Shanghai menjadi tujuan berikutnya, ia bertolak dari Amsterdam pukul 13.29 menggunakan maskapai China Eastern nomer MU 772. Penerbangan terakhirnya ini ia tempuh selama 10 jam 17 menit, dan sampai pada keesokan harinya pukul 06.46 waktu setempat.

Dengan pendaratannya di Shanghai, China, maka petualangan mengelilingi buminya selesai pada pukul 06.46, Selasa (23/1/2018)

Ia merancang rute tersebut dengan memanfaatkan keefektifan rute-rute pesawat berbadan besar dan irit bahan bakar, yang mampu terbang jauh non stop (tanpa transit). Alhasil hanya dengan empat rute tersebut ia bisa mengitari bulatnya bumi.

Berminat mencobanya? Anda pun bisa hanya dengan waktu tiga hari menggunakan rute tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com