Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Petinggi Keraton di Indonesia Bakal Kumpul di Sumenep

Kompas.com - 20/02/2018, 22:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) kembali menyelenggarakan Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN (FKMA) kelima. Tahun 2018 ini rangkaian festival tersebut akan digelar pada 27-31 Oktober 2018 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Penyelenggaraan FKMA kelima ini akan didahului dengan kegiatan road show di lima Keraton; yaitu Solo, Medan, Mempawah, Ternate, dan Denpasar. Lalu ditutup dengan acara puncak yang digelar di Sumenep, Pulau Madura.

"Sumenep menjadi tuan rumah acara puncak karena jadi satu-satunya keraton yang masih terjaga dan terawat di Jawa Timur, sampai sekarang," ujar Pangeran Raja Arief Adipati Natadiningrat, Sultan Sepuh Cirebon yang juga sebagai Ketua FSKN, pada sambutannya di peluncuran festival tersebut di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Arif mengatakan dalam puncak acara tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai acara, mulai musyawarah keraton nusantara, kirab budaya keraton, pentas seni, pameran pusaka, dan pameran kebudayaan keraton.

Launching Festival Keraton Nusantara ke 5, yang diadakan di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (20/2/2018).KOMPAS.COM/Muhammad Irzal Adiakurnia Launching Festival Keraton Nusantara ke 5, yang diadakan di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Bupati Sumenep A. Busyro Karim, sebagai tuan rumah acara puncak FKMA-V/2018, mengatakan bahwa penyelenggaraan FKMA-V tahun 2018 akan berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, dimana unsur pariwisata akan lebih menonjol dalam upaya mempromosikan Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia.

"Para tamu dan delegasi juga dipersilahkan untuk coba mengnap di Pulau Gili Yang. Pulau dengan kadar oksigen terbaik ke dua di dunia," tutur Busyro Karim, yang juga merupakan dewan pakar sekaligus dewan pembina FKMA.

Indonesia sendiri pemilik keraton terbanyak hingga saat ini di ASEAN maupun di dunia. Oleh karena itu Arief Adipati Natadiningrat berharap keraton sudah saatnya kembali diangkat menjadi satu potensi besar memajukan pariwisata Indonesia, sehingga bisa membantu perekonomian rakyat.

"Keraton Indonesia jadi yang terbanyak saat ini di dunia. Harusnya bisa jadi sumber ilmu, sumber dan pusat budaya, sumber ekonomi, juga destinasi wisata budaya yang datang ke keraton," terang Arief Adipati Natadiningrat kepada KompasTravel seusai acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com