Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2018, 07:42 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebutan 'kurang piknik' dewasa ini sering terdengar atau dilihat di media sosial. Nyatanya banyak generasi milenial memang banyak yang tidak memanfaatkan waktu cuti.

Penelitian dari Allianz Global Assistance di Agustus 2017 menemukan 48 persen pekerja generasi milenial di Amerika Serikat tidak menggunakan cuti tahunan.

Survei sebelum yang juga dilakukan oleh Allianz Global Assistance menemukan jika 53 persen penduduk Amerika Serikat sama sekali tidak berwisata sepanjang tahun. Ada 37 persen penduduk yang mengaku tidak pernah berwisata selama dua tahun.

Baca juga : Tips Jaga Stamina saat Liburan di Musim Hujan

Tidak pernah berwisata alias kurang piknik ini juga berbahaya. Penelitian dari Psychology Today mengungkapkan jika 81 persen pekerja di posisi manajerial setuju liburan mengurangi kelelahan kerja. Efek kelelahan kerja disebutkan berujung masalah mental serius. Jadi apa tanda jika seseorang kurang piknik?

1. Selalu Merasa Negatif

Bosan dan kurang motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan adalah tanda kurang piknik. Tanda lain kehidupan pribadi terpengaruh oleh masalah pekerjaan.

2. Sakit-sakitan

Terlalu lelah atau cemas karena pekerjaan dapat berpengaruh kepada keseimbangan hormon dan kesehatan fisik. Biasanya sakit punggung, mata lelah, sakit kepala, sakit lambung, sakit di bagian dada paling sering dirasakan oleh orang yang kelelahan kerja. Periksakan diri ke dokter dan coba cek kapan terakhir kali liburan.

3. Susah Tidur

American Psychological Association melaporkan sepertiga milenial tidak tidur cukup delapan jam per hari karena tidak ada waktu. Sepertiga lainnya mengaku sulit tidur karena terlalu banyak yang dipikirkan.

4. Sering Salah Saat Bekerja

Fokus kerja yang berkurang lantaran stres, mempengaruhi performa kerja. Sering salah saat bekerja juga menjadi tanda kurang piknik.

5. Pelarian yang Tidak Sehat

Jika Anda menemukan untuk bersantai perlu makanan cepat saji atau minuman alkohol bisa jadi Anda butuh rehat dan wisata.

6. Masalah Kecil Jadi Besar

Orang yang membuat masalah kecil jadi besar, mudah tersinggung juga menjadi tanda lain dari kurang wisata.

7. Kerja Mempengaruhi Kehidupan Pribadi

Pekerjaan yang mempengaruhi kehidupan pribadi, hubungan dengan orang terdekat, mengurungkan niat terhadap hobi, dan aktivitas lain adalah tanda Anda butuh piknik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com