Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2018, 16:00 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Koki selebriti asal Inggris, Jamie Oliver memuji makanan khas Indonesia, gado-gado. Oliver membagikan tayangan singkat membuat gado-gado dalam tayangan Jamie's Comfort Food di media sosial Twitter dan Youtube.

"Gado-gado berasal dari Indonesia, ini adalah makanan kaki lima favorit," ujar Oliver.

Ia lantas mempraktikkan cara membuat gado-gado dengan cekatan.

"Kau tidak pernah mencoba salad seperti ini sebelumnya. Jamie membuat salad gado-gado MEGA Indonesia," tulis Jamie di akun Twitternya.

Video berdurasi kurang dari tiga menit tersebut viral dan diputar 132.000 kali di Twitter serta 94.000 kali di Youtube setelah tiga hari tayang (21/2/2018). Hingga saat ini, videonya di Facebook telah dibagikan sebanyak 5.113 kali.

"Terima kasih atas usahamu membuat gado-gado populer. Aku menghargaimu. Mohon maaf kalau menemukan orang Indonesia dengan komen yang buruk. Mereka bangga tetapi kurang etis," kata salah satu netizen bernama Chaaa.

Banyak netizen yang memuji gado-gado buatan Oliver yang juga dianggap menjadi ajang promosi Indonesia bagi lebih dari tujuh juta followernya di Twitter.

Sayangnya, tidak sedikit netizen yang mengkritik gado-gado buatan Oliver karena berbeda dengan gado-gado di tanah air.

Jamie Oliver membuat gado gado.Youtube Jamie Oliver membuat gado gado.
Oliver menggunakan sayuran segar, bukan direbus. Begitu pula dengan pasta kacang yang diblender, bukan kacang segar yang diulek. Juga penggunaan bahan lain yang tidak biasa seperti minyak olive dan minyak ikan.

Alhasil banyak netizen yang mengajari Oliver cara membuat gado-gado versi orisinal di kolom komentar Twitter dan Youtube.

Sebenarnya bukan kali ini saja Oliver membuat hidangan dari Indonesia. Selain gado-gado, Oliver pernah membuat nasi goreng dan rendang ayam.

"Aku sungguh suka, seluruh makanan yang tak tertandingi ini ada di mulut. Sungguh lezat," kata Oliver kala mencicipi gado-gado buatannya sendiri pada tayangan Jamie's Comfort Food.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com