Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kereta Cepat Mini Mengantar Sushi di Restoran Ini

Kompas.com - 23/02/2018, 13:07 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta ukuran mini lalu lalang di jalur kereta yang berada di samping meja makan tamu. Kereta tersebut bukan cuma hiasan, di atas kereta ada piring-piring kecil yang menyajikan suhsi serta sashimi yang dipesan oleh tamu. Pengalaman unik makan sushi ini bisa dirasakan di Genki Sushi.

Genki Sushi merupakan restoran sushi asli dari Jepang yang didirikan 1968. Pada 2013 perusahaan Mitra Adiperkasa memboyong Genki Sushi dan membuka gerai pertama di Plaza Senayan. Sejak saat itu, dibuka 14 cabang lain Genki Sushi dibuka di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Baca juga : Jangan Salah, Ini Bedanya Sushi dan Sashimi

"Genki Sushi memang dari Jepang. Untuk perlatan makan seperti kereta ini semua yang pasang kontraktor dari Jepang. Kami menyediakan sushi otentik, resep yang di Jepang dan Indonesia hampir sama," kata Junita, Supervisor dari Genki Suhi Mal Grand Indonesia saat ditemui Rabu (21/2/2018).

Memesan hidangan dengan memilih dari menu tablet di Genki Sushi. KOMPAS.com/Silvita Agmasari Memesan hidangan dengan memilih dari menu tablet di Genki Sushi.
Bersantap di Genki Sushi memang terbilang berbeda. Contohnya, restoran ini tidak memiliki buku menu. Alih-alih tamu akan diberikan tablet khusus yang berisi menu. Dari tablet tersebut, tamu hanya perlu menekan hidangan yang diinginkan.

Kemudian tak lama, hidangan tersebut akan diantar ke meja tamu dengan kereta mini yang mengingatkan akan Shinkansen, kereta cepat dari Jepang.

Baca juga : Cara Anda Makan Sushi Ternyata Aneh bagi Orang Jepang

Kereta tersebut selalu berhenti tepat di meja tamu yang memesan. Setelah tamu mengambil makanan dari kereta, tamu perlu memencet tombol kecil yang bersinar agar kereta dapat kembali ke dapur. Tak berhenti di sana, jika tamu memesan teh hijau (ocha) hangat maka ia bisa membuat sendiri. Ada bubuk teh hijau dan keran air panas mini di setiap meja tamu.

"Banyak tamu membawa anak-anak ke sini karena memang konsepnya seperti kereta dan mobil," kata Junita. Jangankan anak-anak, orang dewasa sebenarnya juga akan terkesima dengan penyajian makanan dan kosep berbeda yang dihadirkan oleh Genki Sushi.

Salmon dari Norwegia, favorit pengunjung di Genki Sushi. KOMPAS.com/Silvita Agmasari Salmon dari Norwegia, favorit pengunjung di Genki Sushi.
Jika ingin memanggil pramusaji dan meminta bon, pengunjung hanya perlu menekan tablet mereka. Seketika pramusaji akan datang dan menanyakan keperluan tamu.

"Untuk yang baru pertama kali ke Genki, biasanya akan ditanya sudah pernah ke sini atau belum? Jika belum akan dijelaskan cara menggunakannya," kata Junita.

Untuk hidangan, Genki Sushi terkenal dengan hidangan sushi dan sashimi salmon. Salmon di Genki sushi merupakan salmon impor dari Norwegia. Junita mengatakan 60 persen tamu memesan hidangan salmon di Genki Sushi.

Misalnya salmon belly sashimi yang memiliki tekstur lembut tetapi tidak lembek. Ada juga Dynimite spicy salmon, nasi jepang dengan udang goreng di dalam, yang di atasnya diberi salom, disiram saus keju bawang putih, dan taburan katsuobushi (ikan cakalang serut).

Genki Sushi, gerai sushi dengan konsep mutakhir. KOMPAS.com/Silvita Agmasari Genki Sushi, gerai sushi dengan konsep mutakhir.
Hidangan di Genki Sushi lebih mengarah kepada hidangan Jepang autentik yang tidak banyak modifikasi dan memiliki cita rasa ringan. Jadi shoyu dan wasabi di Genki Sushi yang berperan memberi rasa. Meski ada juga hidangan modifikasi dengan pemberian mayonaise atau cita rasa pedas.

Selain sushi dan sashimi, Genki Sushi juga menyediakan salad, ramen, set menu anak-anak, set menu makan siang, set menu untuk dibawa pulang dan makanan manis.

Harga makanan di Genki Sushi mulai Rp 12.000. Harganya terbilang terjangkau apalagi dengan rasa dan pengalaman yang disajikan. Intinya jangan malu bertanya jika bersantap di Genki Sushi karena konsep yang dihadirkan memang tidak biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com