Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keindahan Alami Banyu Nget Trenggalek Menarik Ribuan Wisatawan

Kompas.com - 26/02/2018, 09:14 WIB
Slamet Widodo,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Pesona wisata alam terbaru Banyu Nget yang berada di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengundang banyak wisatawan  mengunjungi destinasi wisata alam terbuka ini.

Setelah dikembangkan dan diresmikan beberapa bulan lalu, pengunjung kawasan ini mengalami peningkatan tajam dari ratusan, menjadi ribuan pengunjung dalam sebulan.

“Setelah di-launching branding canopy di Banyu Nget ini, minat pengunjung untuk datang meningkat. Sebelumnya kisaran 400 pengunjung setiap bulan. Setelah dikembangkan dan diresmikan, kini bisa mencapai kisaran 2.000 hingga 4.000 pengunjung setiap bulannya,” kata Wakil Kepala Administratur Perhutani BKPH Kediri Selatan, Andi Iswindiarto, Minggu (25/2/2018).

Baca juga : Prigi Festival Promosikan Trenggalek

“Bahkan pada bulan tertentu seperti liburan tahun baru tercatat sekitar 8.000-an pengunjung,” kata Andi Iswindiarto.

Salah satu lokasi idola para pengunjung untuk berfoto maupun selfie, yakni papan pandang di kawasan wisata Banyu Nget, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, Minggu (25/2/2018).KOMPAS.com/SLAMET WIDODO Salah satu lokasi idola para pengunjung untuk berfoto maupun selfie, yakni papan pandang di kawasan wisata Banyu Nget, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, Minggu (25/2/2018).
Wisata alam yang berada di Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek ini meski belum lama diresmikan sudah banyak diminati para pengunjung dari berbagai daerah.

“Konsep yang kami tawarkan adalah wisata alami, edukasi, menyenangkan dan tantangan,” ujar Andi Iswindiarto.

Baca juga : Jalan-jalan ke Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo, Oh Indahnya...

Kawasan wisata alam Banyu Nget ini menawarkan banyak kenyamanan dan keindahan alam bagi para pengunjung. Tidak terlalu mahal biaya masuk lokasi wisata alam ini. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang, pengunjung bisa sepuasnya menghabiskan waktu di dalam lokasi wisata alam Banyu Nget yang sejuk nan indah.

Destinasi wisata ini memiliki tempat parkir yang luas hingga jalur menuju lokasi yang bersih dan tertata, sehingga pengunjung lebih merasa nyaman dan mudah untuk menyusuri kawasan hutan dan menikmati udara yang masih sangat segar.

Wisatawan tengah bersepeda udara di kawasan wisata alam Banyu Nget di Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (25/2/2018).ARSIP HUMAS PEMKAB TRENGGALEK Wisatawan tengah bersepeda udara di kawasan wisata alam Banyu Nget di Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (25/2/2018).
Sebelum tiba di pos pertama, terlebih dahulu pengunjung menyeberangi sungai dengan memanfaatkan fasilitas jembatan gantung. Jembatan gantung ini diberi nama jembatan Kangen, yang konon apabila sekali melintasi jembatan ini bakal terus teringat dengan sensasi goyangan jembatan gantung ini.

“Tempat parkir luas, jalur setapaknya rapi dan kawsannya bersih, suasana masih sangat alami, sehingga kami sekeluarga betah disini,” kata salah satu pengunjung bernama Wiwin Ratnaningsih (35).

Baca juga : 5 Spot Instagramable di Mulberry Hill Lembang

Di dalam lokasi banyak sekali fasilitas yang tersedia, mulai kantin, tempat ibadah kamar mandi serta gazebo untuk melepas lelah sambil menikmati gesekan dedaunan yang tertiup angin serta gemerijik aliran sungai yang dipenuhi bebatuan.

Di kawasan wisata Banyu Nget terdapat beberapa titik lokasi khusus bagi para pengunjung yang wajib dinikmati. Ada kolam pemandian alami yang diberi nama Banyu Nget, beberapa air terjun, serta kawasan bumi perkemahan.

Salah satu pengunjung melintasi jembatan gantung kawasan wisata Banyu Nget, Trenggalek, Jatim yang diberi nama jembatan Kangen.KOMPAS.com/SLAMET WIDODO Salah satu pengunjung melintasi jembatan gantung kawasan wisata Banyu Nget, Trenggalek, Jatim yang diberi nama jembatan Kangen.
“Banyak sekali yang dapat kami nikmati. Fasilitas dalam kawasan lengkap, yang paling saya suka adalah air terjun. Selain bisa mandi, kami bisa menikmati suguhan alam yang jarang ditemui di kota besar,” kata Wiwin Ratnaningsih.

Di ujung perjalanan, pengunjung dimanjakan dengan sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter dan kedalaman mencapai 3 meter. Air terjun ini merupakan puncak dari semua titik pemandangan yang ada didalam kawasan wisata alam Banyu Nget.

“Di air terjun ini anak-anak bisa mandi dengan aman karena disediakan pelampung dan pengawas dari petugas. Sehingga kami tidak lagi merasa khawatir. Namun ya tetap kita selalu waspada,” ucap Wiwin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com