Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Manjo ka Manado...!"

Kompas.com - 27/02/2018, 09:55 WIB
I Made Asdhiana

Editor

KOMPAS.com - Sebagai orang Manado, saya sering diminta rekomendasi tempat, akomodasi dan things to do di Manado. Jawaban pertama saya silakan cek TripAdvisor dan Om Google, karena di situs-situs tersebut sudah begitu banyak informasi mengenai kota Nyiur Melambai ini.

Namun, tak jarang ada permintaan khusus akan informasi non-touristy. Maunya yang bukan ‘mainstream‘, plus lebih afdol jika informasi tersebut datangnya dari orang lokal, katanya. So, berikut adalah agenda pribadi saya saat mudik.

Baca juga : Cerita Wakil Wali Kota Manado tentang Kotanya Kebanjiran Turis China

Bagi Anda yang baru pertama kali ke ibu kota Sulawesi Utara ini, tempat-tempat wajib untuk dikunjungi adalah lokasi ikon kota yaitu monumen setinggi 50 meter yang dikenal warga Manado dengan nama "Patung Tuhan Yesus Memberkati", Jembatan Kuning Soekarno, dan Kema view-point atau Puncak Tetempangan Skyline.

Bukit Pelangi di Manado, Sulawesi Utara.NOVA DIEN Bukit Pelangi di Manado, Sulawesi Utara.
Beberapa lokasi patut lainnya yang saya rekomendasikan yang terdapat dalam 11 ‘things-to-do' berikut ini.  

MINAHASA SELATAN

Selain Manado, destinasi pilihan untuk dikunjungi adalah Tomohon. Kota yang menjadi lokasi shooting film "Senjakala di Manado" ini memang menjadi agenda populer highland tour yang ditawarkan oleh agen perjalanan.

Kali Waterfall di Tomohon, Sulawesi Utara.NOVA DIEN Kali Waterfall di Tomohon, Sulawesi Utara.
Tak berlebihan karena beberapa situs wisata yang ditawarkan kota sejuk di Minahasa Selatan yang berjarak kurang dari sejam berkendara dari Manado ini, sangat menarik.

Sebut saja spot perhentian dalam perjalanan menuju Tomohon seperti Kali Waterfall, Lahendong Hotspring, Tomohon Market, Buddhist Temple, Gunung Mahau dan Gunung Lokon juga merupakan ciri khas "kota bunga" ini.

1. Taman Bunga

Gardenia Country Inn terletak di dataran tinggi kota Tomohon (800 meter di atas permukaan laut) dengan pemandangan Gunung Lokon serta udara yang sejuk dan nyaman.

Taman Bunga Gardenia di Tomohon, Sulawesi Utara.NOVA DIEN Taman Bunga Gardenia di Tomohon, Sulawesi Utara.
Di sini ada tiga properti yaitu penginapan, taman bunga dan restoran. Anda bisa mampir sarapan atau brunch sebelum meneruskan ekplorasi kota Tomohon.

Restoran yang menghadap Gunung Lokon ini dikelilingi oleh taman, kolam ikan, bunga-bunga tropis serta tanaman dengan burung yang unik juga kupu-kupu, membuat tempat ini sempurna untuk bersantai. It is a world-class botanical garden...

2. Danau Tiga Warna Linau

Selain Danau Tondano, danau kesukaan saya adalah Danau Linau. Danau yang bisa berubah tiga warna ini (tergantung cuaca) berlokasi di Kelurahan Lahendong ini berjarak tempuh sekitar 45 menit dari kota Manado.

Danau Linau di Tomohon, Sulawesi UtaraNOVA DIEN Danau Linau di Tomohon, Sulawesi Utara
Perubahan warna danau ini akibat endapan sulfur dan pantulan sinar matahari. Sebaiknya datang pada pagi hari saat awan belum menumpuk sehingga matahari masih leluasa bersinar.

Udara sejuk dan pemandangan elok ini dapat dinikmati dengan secangkir kopi atau teh seharga Rp 25.000 termasuk biaya masuk. Jangan lupa pesan pisang goreng Goroho yang jadi menu andalan tempat ini.

3. Bukit Doa

Bukit Doa adalah destinasi wisata rohani bagi umat Katolik sekaligus sebagai kawasan konservasi dan rekreasi alam. Di sini Anda bisa melihat panorama kota Manado berlatar belakang laut dengan hamparan pulau Bunaken, Manado Tua dan Siladen.

Bukit Doa di Manado, Sulawesi Utara.NOVA DIEN Bukit Doa di Manado, Sulawesi Utara.
Di dalamnya berdiri Chapel of Mother Mary atau disebut Chapel Mahawu. Bangunan dengan arsitektur unik berpadu dengan pemandangan yang indah. Tempat ini kerap digunakan untuk perayaan ibadah dan resepsi pernikahan.

Bukit Doa juga dilengkapi Amphitheatre berdaya tampung 1.000 orang yang sering menjadi lokasi pertunjukan seni dan budaya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com