Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Baru Morowali Menghemat 20 Jam Perjalanan Wisatawan

Kompas.com - 28/02/2018, 06:24 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

MOROWALI, KOMPAS.com - Bandara Maleo di Morowali, Sulawesi Tengah, siap beroperasi. Bandara tersebut diklaim menghemat puluhan jam perjalanan wisata dari Makassar, Sulawesi Selatan serta berbagai kota lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Jafar Hamid, saat kunjungan KompasTravel ke Kantor Bupati Morowali, Selasa (27/2/2018), mengatakan kunjungan wisatawan yang potensial ke Morowali ialah dari Kendari, Palu, dan Makassar.

Baca juga : Mengapa Merokok di dalam Pesawat Itu Dilarang?

Namun, dari ketiga tempat tersebut cukup jauh bahkan sangat lama jika ingin menuju Morowali melalui perjalanan darat. Semisal dari Palu saja, butuh waktu 11-13 jam menggunakan bus umum.

Landasan pacu di Bandara Maleo, Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian PerhubunganSelasa (27/2/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Landasan pacu di Bandara Maleo, Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian PerhubunganSelasa (27/2/2018).
Sedangkan dari Kendari, butuh waktu 8-10 jam untuk sampai di Morowali lewat jalan trans Sulawesi dengan medan pertambangan. Sedangkan dari Makassar, bahkan butuh waktu 22-24 jam perjalanan dengan menggunakan bus AKAP.

Hal ini dinilai kerap menjadi salah satu kendala wisatawan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di Morowali.

Ruang tunggu penumpang berkapasitas 100 orang, di terminal baru, di Bandara Maleo, Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Ruang tunggu penumpang berkapasitas 100 orang, di terminal baru, di Bandara Maleo, Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).
"Ya, jarak yang terlampau lama memang menghambat (pariwisata). Hapannya memang dengan bandara ini akan semakin ramai wisatawan karena lebih mudah," ujar Kepala Seksi Sarana Usaha Pariwisata kepada KompasTravel, dalam pertemuan yang sama.

Kepala Dinas Perhubungan Morowali, M Rizal Badudin, membeberkan jarak-jarak yang bisa dipangkas dengan adanya bandara baru tersebut.

"Makassar-Morowali dari hampir 24 jam, jadi tinggal 1jam 15 menit saja, hemat 20 jam lebih," ungkapnya kepada para wartawan.

Bandara Maleo, di Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bandara Maleo, di Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).
Sementara itu, permintaan penerbangan juga datang untuk tujuan Palu. Morowali-Palu yang sebelumnya ditempuh 11-13 jam melalui darat dengan medan perbukitan, kini bisa ditempuh hanya dalam waktu 45 menit dengan pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com