Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Baru Morowali Akan Diresmikan Jokowi

Kompas.com - 28/02/2018, 19:35 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

MOROWALI, KOMPAS.com - Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah akan segera memiliki bandara baru yakni Bandara Morowali. Bandara baru tersebut direncanakan akan diresmikan Presiden Jokowi pada beberapa bulan ke depan.

"Ada 11 bandara yang akan diresmikan pak presiden tahun ini, dan Bandara Morowali masuk salah satu listnya," tutur Staf Hubungan Masyarakat Kementerian Perhubungan, Drajat saat kunjungan ke Morowali, Sulawesi Tengah, Selasa (27/2/2018).

Bandara Maleo tepatnya berada di Desa Umbele, Kecamatan Bumiraya, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Lokasinya dapat ditempuh selama satu jam, atau 30 kilometer dari pusat kota.

Bandara Maleo, di Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bandara Maleo, di Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja bersama Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bandara Baru Morowali Menghemat 20 Jam Perjalanan Wisatawan ", https://travel.kompas.com/read/2018/02/28/062400627/bandara-baru-morowali-menghemat-20-jam-perjalanan-wisatawan-.
Penulis : Muhammad Irzal Adiakurnia
Editor : I Made Asdhiana

Bandara tersebut dibangun sejak tahun 2007 mulai dari fase pembebasan lahan, dan dilanjutkan pada tahun 2012. Saat ini bandara tersebut sudah mulai digunakan oleh beberapa penerbangan charter dari perusahaan tambang di Morowali.

Ada berbagai fasilitas yang sudah bisa dioperasionalkan, mulai landasan pacu dengan lebar 30 meter, dan panjang 1.050 meter. Selanjutnya, landasan pacu akan diperpanjang hingga 1.500 meter pada bulan Maret 2018.

Terminal bandara pun sudah siap digunakan, dengan kapasitas 100 penumpang, dengan dua x-ray di jalur keberangkatan. Dua counter check-in pun sudah siap melayani calon penumpang.

Mengintip fasilitas Bandara Maleo, Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Mengintip fasilitas Bandara Maleo, Morowali, Sulawesi Tengah, saat kunjungan kerja Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (27/2/2018).

Untuk fasilitas umum sendiri terdapat dua toilet laki-laki perempuan juga tempat ibadah. Dari sisi keamanan, pihak bandara telah menyediakan satu mobil pemadam kebakaran, ambulan, dan genset 50 PK.

Sementara untuk kantin atau tempat kios untuk berjualan makanan, kafe, maupun suvenir, baru tersedia enam ruang.

"Dulu ada penerbangan Trans Nusa, seminggu tiga kali. Lalu selesai di 31 Desember 2017. Rencananya tahun ini ada ATR 72 dari Garuda Indonesia dan Wings Air dari Palu, dan Makasar," tutur Kepala Satuan Kerja Bandara Morowali, Iskandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com