Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan Ini, Saatnya Berburu Durian Lagi di Jakarta...

Kompas.com - 07/03/2018, 18:40 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penggemar durian di Jakarta dan sekitarnya, siap-siap meluangkan waktu di akhir pekan. Ada Festival Durian bertajuk Durian Fair di Blok M Square, Jakarta hingga tanggal 11 Maret 2018.

Sekitar 20 jenis durian didatangkan untuk memenuhi hasrat penggemar durian di Ibu Kota. Dari semuanya jenis durian kali ini didominasi durian asal Pulau Jawa. Seperti durian Bawor Banyumas, Petruk Jepara, Rancamaya Bogor, Monti Semarang, Brongkol Ambarawa, dan banyak lagi.

"Memang yang lagi banyak panen itu durian Jawa, jadi yang lebih kita kenalkan sekarang durian dari Jawa," tutur Ketua penyelenggara Durian Fair, Winda saat ditemui KompasTravel di lokasi acara, Rabu (7/3/2018).

Baca juga : Panen Durian di Baduy, Yuk Wisata Durian...

Harga yang dipatok dalam bazar kali ini mulai Rp 60.000 hingga Rp 120.000 per kilo. Anda bisa makan ditempat maupun dibawa pulang dengan kemasan khusus.

Yudi, seorang distributor durian saat membedakan durian kupas mana yang bagus untuk dibeli, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Yudi, seorang distributor durian saat membedakan durian kupas mana yang bagus untuk dibeli, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).
Setiap hari pada jam 13.00 WIB, diadakan perlombaan makan durian untuk para pengunjung. Dengan tiket pendaftaran Rp 10.000, pesertanya diminta menghabiskan tiga ons durian dalam waktu dua menit saja.

"Nanti juara lomba makan durian tiap harinya akan kita adu di final, 11 Maret (2018), yang menang dapet Rp 250.000 dan piala," ujar Winda.

Baca juga : Ini Durian Terenak Indonesia Versi Profesor Korea

Selain itu, ada juga lomba durian terbaik. Peserta harus berasal dari para pedagang yang mengikuti bazar ini. Penilaiannya dari rasa durian terenak versi penyelenggara.

Kali ini durian yang jadi favorit pengunjung menurut penyelenggara ialah durian dari Palu, Sulawesi Tengah. Saat KompasTravel berkunjung, tak banyak durian dari Palu yang tersisa.

Lomba makan durian yang berlangsung setiap hari, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Lomba makan durian yang berlangsung setiap hari, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).
"Selain itu juga yang gak kalah ramai, ada durian petruk, brongkol, dan rancamaya," pungkas Winda.

Pengunjung bisa datang mulai pukul 09.00-22.00 WIB. Winda menambahkan, biasanya pengunjung durian masih tetap ramai bahkan hingga pukul 23.00 di akhir pekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com