Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berani Makan Durian Tanpa Tangan? Ikuti Lomba Ini...

Kompas.com - 07/03/2018, 20:30 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda penyuka durian, nampaknya harus coba uji ketangkasan memakan durian tanpa tangan ini. Perlombaan ini meramaikan Bazar Durian, 2-11 Maret 2018, di teras Blok M Square, Jakarta Selatan.

Perlombaan makan durian ini digelar setiap hari, selama bazar durian berlangsung. Namun untuk waktu tepatnya, hanya digelar pada pukul 13.00 WIB.

Baca juga : Akhir Pekan Ini, Saatnya Berburu Durian Lagi di Jakarta...

Setiap harinya diambil tiga juara lomba makan durian ini. Ketiganya mendapat hadiah langsung voucher Rp 200.000, untuk juara pertama Rp 150.000 untuk juara kedua, dan Rp 50.000 untuk juara ketiga.

"Nanti juara lomba makan durian tiap harinya akan kita adu di final, 11 Maret (2018), yang menang dapat Rp 250.000 dan piala," ujar Winda saat dikunjungi KompasTravel, di Blok M, Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Lomba makan durian yang berlangsung setiap hari, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Lomba makan durian yang berlangsung setiap hari, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).
Pengunjung yang ingin berpartisipasi adu ketangkasan makan durian ini diharuskan mendaftar terlebih dahulu dan membayar Rp 10.000. Dari uang tersebut, pendaftar berhak mendapatkan minum air mineral dan teh dalam kemasan.

Baca juga : Silaturahmi Sambil Menikmati Durian di Baduy

Sedangkan peraturan lombanya, peserta tidak boleh minum atau sekadar mengusap mulut dengan tisu. Selain itu, durian yang dimakan harus habis dan bersih dari dagingnya, alias hanya menyisakan biji.

"Tentu tangannya harus di belakang, nanti diliat sama juri. Jadi mukanya pada belepotan," tutur Winda sembari tertawa.

Baca juga : Ini Durian Terenak Indonesia Versi Profesor Korea

Saat alarm lomba dibunyikan, serentak peserta yang berjumlah 10 orang pun langsung menundukkan badan dan melahap durian langsung dengan mulutnya.

Keluarga yang sedang menikmati ragam durian di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Keluarga yang sedang menikmati ragam durian di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).
Tak sampai batas waktu dua menit, sudah terpilih satu peserta yang habis. Juri yang terdiri dari tiga orang penyelenggara pun langsung memilih empat peserta tercepat.

Setelah diperiksa, terpilihlah tiga pemenang dengan durian terbersih dan waktu tercepat. Mereka mendapat hadiah voucher dan tabungan dari Bank BTN senilai Rp 50.000.

Arya, pemenang juara dua dalam lomba yang diadakan Rabu (7/3/2018), mengatakan cukup sulit menghabiskan enam biji durian dalam waktu kurang dari dua menit. Alasannya posisi membungkuk membuatnya sesak di perut ketika makan banyak.

"Tadi karena posisi makannya bungkuk, terus perut juga sudah mulai kenyang kan jadi sesak lah lumayan. Makan enam biji duren dengan waktu dua menitan," tuturnya pada KompasTravel, seusai memboyong hadiah.

Teknik mengupas durian yang diperagakan salah satu penjualnya di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Teknik mengupas durian yang diperagakan salah satu penjualnya di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).
Sementara itu, juara pertama dipegang oleh David, dengan catatan waktu satu menit 34 detik dalam menghabiskan tiga ons durian.

"Durennya dingin, keluar dari kulkas gitu jadinya sempet ngilu-ngilu di lidah. Jadi pindah kanan pindah kiri (ngunyahnya)," kata David kepada KompasTravel.

Winda mengatakan durian yang digunakan untuk lomba berasal dari beberapa daerah, yang sudah dipilih matang dan dibekukan dalam lemari pendingin.

Peserta tidak perlu membuka durian dari cangkangnya. Karena panitia telah menyajikannya di dalam sebuah piring, dengan berat yang sama.

Yudi, seorang distributor durian saat membedakan durian kupas mana yang bagus untuk dibeli, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Yudi, seorang distributor durian saat membedakan durian kupas mana yang bagus untuk dibeli, di bazar durian Blok M Square, Jakarta, Rabu (7/3/2018).
Tertantang mengikutinya? Coba saja tes ketangkasan makan durian ini sebelum pukul 13.00 WIB, setiap harinya hingga 11 Maret 2018. Jangan lupa, tempatnya di Teras Berlian, Blok M Square, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com