Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Buah Durian Bisa Dibilang Sangat Lezat?

Kompas.com - 08/03/2018, 16:07 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah durian yang lezat ternyata amat bergantung dari waktu selama ia tumbuh bunga hingga panen.

Kondisi alam pada waktu durian tumbuh, ternyata berpengaruh pada kadar nutrisi yang sampai ke buah, sehingga membuatnya manis dengan tekstur yang sempurna.

Hal tersebut disampaikan Salim (50), pemilik kios Durian Salim yang sudah 20 tahun lebih menggeluti dunia durian. Pertemanannya dengan durian berawal dari 1995, saat ditugaskan di Taman Buah Mekarsari, Bogor.

Baca juga : Ini Jadwal Panen Durian di Indonesia

Kini ia mendistribusikan durian dari lebih 20 kota di Indonesia. Kepada KompasTravel ia menjelaskan kapan waktu terbaik yang menghasilkan durian dengan kelezatan maksimal.

"Kondisi terbaik itu pas berbunga di musim hujan, tapi menjelang panennya itu kering atau musim panas," tutur Salim, saat ditemui KompasTravel dalam acara Durian Fiesta di Blok M Square, Rabu (7/3/2018).

Durian lay yang dijual dam acara Wisata Durian, di Botani Square, Bogor, Sabtu (25/11/2017). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Durian lay yang dijual dam acara Wisata Durian, di Botani Square, Bogor, Sabtu (25/11/2017).
Menurutnya, lama waktu perkembangan buah durian mulai bunga hingga masak ialah empat bulan. Dalam masa itulah seharusnya durian mendapatkan nutrisi yang cukup, dipengaruhi oleh kondisi alamnya.

"Pas hujan dia mengisi banyak nutrisi, bunga durian mulai tumbuh. Setelah itu, harusnya mulai masuk panas, daunnya gugur nutrisi masuk ke buah, jadi manisnya naik," tutur Salim, berdasarkan pengalamannya menangani durian 22 tahun.

Baca juga : Ini Durian Terenak Indonesia Versi Profesor Korea

Namun, lanjut Salim, kini cuaca sudah tak bisa diprediksi, yang sudah seharusnya masuk musim panas, ternyata masih saja hujan. Akibatnya bunga durian malah kembali rontok diterpa hujan.

"Harusnya sudah mulai panas, tapi teryata bulan depan masih deras intensitas hujannya, gagal bunganya jadi buah," katanya.

Meskipun kecil, durian hasilsilangan durian lay Kalimantan, dengan durian Rancamaya, Bogor menghasilkan rasa yang manis danwarna yang indah.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Meskipun kecil, durian hasilsilangan durian lay Kalimantan, dengan durian Rancamaya, Bogor menghasilkan rasa yang manis danwarna yang indah.
Selain itu juga kondisi panas menurut Salim akan sangat membantu proses masaknya durian. Tekstur durian pun akan kering sesuai jenisnya, tidak terlalu lembek dengan banyaknya kadar air.

"Kalau yang pas mateng dan panennya musim panas, itu rata-rata bagus manisnya, teksturnya sesuai, nggak berlebihan air," kata Salim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com