PickMe!
Merupakan konten afiliasi yang memberikan rekomendasi produk. Kami akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian Anda.

Makanan dengan Saus "Salted Egg Yolk" di Lidah Orang Indonesia

Kompas.com - 11/03/2018, 17:13 WIB
Auzi Amazia Domasti,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 2018, tren kuliner dengan saus salted egg yolk atau kuning telur asin semakin marak di Indonesia. Awal Februari lalu, misalnya, salah satu gerai makanan siap saji bahkan meluncurkan menu ayam goreng berlumur saus gurih yang terasa masir di lidah tersebut.  
 
Alasannya sederhana, tua muda cukup suka dengan rasa itu. Buktinya, menu itu berhasil jadi pilihan banyak orang. Di media sosial, menu itu kemudian banyak jadi perbincangan. Intinya, orang yang sudah coba ingin balik lagi menikmati menu itu.

Erika (20), salah satunya. Ia mengaku ketagihan dengan rasa saus bumbu telur asin.Berkali-kali pula, ketika berbelanja online, dia mencari kudapan ringan dengan rasa salted egg yolk.

 
“Rasanya enak, bikin ketagihan, dan sebenarnya tidak terlalu asin. Tapi, jangan setiap hari juga ya makannya, nanti kolesterol naik!” ujarnya. 
 
Asal-usul
 
Awalnya, saus salted egg banyak dihidangkan di restoran chinese food. Tren saus lezat yang makin populer di Indonesia ini bermula dari negeri Singapura. 
 
Di sana, cukup banyak makanan disajikan dengan bumbu salted egg yolk hingga dikombinasikan pula ke berbagai kudapan kemasan. Salah satu produsen kudapan salted egg yolk yang terkenal di negeri itu, misalnya, Irvin’s Salted Egg.
 
Lama kelamaan, melihat minat masyarakat yang besar, semakin banyak tempat makan yang menyajikan sajian dengan rasa saus ini. Akhirnya, tren itupun menular sampai Indonesia. 
 
Akrab dengan lidah orang Asia
 
Pada dasarnya, bumbu telur asin dinilai mudah diterima oleh lidah banyak orang. Khususnya di Asia, cita rasa tersebut memang lebih akrab. Karenanya, ketika makanan siap saji atau pun kudapan berbumbu itu masuk Indonesia sudah pasti laku.
 
Ilustrasi kuning telur asinThinkStock/zkruger Ilustrasi kuning telur asin
Jangan pikir rasanya akan asin sekali seperti telur asin murni. Bumbu dengan rasa telur asin tidak murni 100 persen. Ada campuran mentega, dan susu sehingga level keasinannya bisa diatur sendiri.

Pada beberapa makanan, bumbu itu juga ditambah dengan keju. Alasan tersebutlah yang paling kuat menjadikan menu-menu dengan saus telur asin disukai banyak orang.

 
Bagi yang menyukai pedas, rasa saus salted egg yolk ini akan semakin gurih jika dicampur dengan irisan cabai. 
 
Mudah dibuat dan jadi makanan ‘kekinian’ 
 
Sebenarnya, telur asin dari bebek bukanlah lauk yang susah ditemukan di Indonesia. Banyak industri rumahan yang memproduksi telur asin, seperti yang ada di Brebes, Jawa Tengah.
 
Melalui inovasi yang tepat, olahan telur asin menjadi makanan lezat yang cocok berpadu dengan lauk seperti ayam dan dikombinasikan dengan nasi. Bentuk saus kental telur asin yang menggoda membuat banyak orang penasaran mencoba. 
 
Tak ketinggalan, pengaruh media sosial pun membuat kuliner saus ini semakin terkenal dan menjadi makanan yang disukai anak muda zaman sekarang.
 
Selain itu, resep bumbu salted egg yolk ini sudah banyak beredar di internet dan cara membuatnya pun mudah sehingga banyak industri makanan rumahan yang bisa memproduksinya. Bahkan kalau mau, Anda pun bisa membuat sendiri di rumah.
 
Cocok menjadi kudapan
 
Bagi Anda yang suka makan makanan ringan, kini banyak pula produsen kudapan yang menyajikan rasa salted egg yolk
 
Ilustrasi makan keripik kentangThinkStock/gpointstudio Ilustrasi makan keripik kentang
Biasanya, makanan ringan itu antara lain keripik kentang, kulit ikan kering, dan kulit ayam. Camilan seperti ini tentu pas dinikmati waktu mengerjakan tugas, nonton film, atau saat sedang kumpul bersama keluarga dan teman.
 
Keripik kentang biasanya menjadi favorit banyak orang. Erika menceritakan kalau camilan keripik kentang berbumbu salted egg yolk paling cepat habis ketika di makan bersama teman-temannya.
 
“Rebutan kita makannya dan enggak kerasa cepat banget habisnya,” kata Erika.
 
Kemudian, kulit ikan salmon kering pun tak kalah saing popularitasnya dengan keripik kentang. Kulit ikan salmon pun kaya nutrisi karena mengandung banyak omega 3 yang bagus untuk mengurangi risiko sakit jantung.
 
Kulit ikan salmon yang renyah dibalur dengan bumbu salted egg yolk ternyata membuat camilan tersebut semakin gurih. Nah, sudah lezat, bergizi tinggi pula. Siapa yang tidak tertarik mencoba?


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com