Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliner Brasil yang Menggoda...

Kompas.com - 13/03/2018, 10:29 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Kuliner Brasil belum banyak dikenalkan di Indonesia. Namun kuliner Negeri Samba ini ternyata memiliki cita rasa yang tak kalah dengan kuliner Amerika Selatan lainnya. Keraton at The Plaza Hotel Jakarta, memboyong langsung koki asal Brasil, Rafael Gil untuk memperkenalkan kuliner Brasil ke Indonesia.

"Makanan Brasil itu bukan cuma soal daging, tetapi juga ada jiwa dari makanan Brasil bagian Utara, Tengah, dan Selatan. Untuk brunch kali ini, idenya adalah membawa makanan Brasil yang kaya ke Indonesia," kata Director of Culinary Keraton at The Plaza Hotel Jakarta, Rafael Gil ditemui di Bengawan Restaurant, Minggu (4/3/2018).

KompasTravel berkesempatan mencicipi hidangan Brasil yang dibuat oleh Gil. Seperti piexe ba folha de bananeira com pesto de coentro, sebuah hidangan yang dari luar tampak seperti otak-otak khas Indonesia.

Baca juga : Viral, Koki Selebriti Jamie Oliver Puji Kuliner Gado-gado

Ternyata isiannya sangat menarik, ikan masak santan dengan potongan pisang muda yang kemudian dibakar. Rasa gurih santan dan manis pisang, dengan tekstur ikan ternyata menyatu memberi rasa yang unik.

Piexe ba folha dr baneneira conpesto de coentro, ikan santan dibakar dengan pisang.Kompas.com/Silvita Agmasari Piexe ba folha dr baneneira conpesto de coentro, ikan santan dibakar dengan pisang.
Ada juga camarao na moranga, sup labu kuning yang dimasak dengan udang. Tekstur kental dan sari udang yang manis, membuat sup labu ini cocok sebagai hidangan pembuka. Brasil juga memiliki nasi, yakni arros temperado. Mirip nasi biryani yang ditumis dengan bawang putih serta parsley agar aromanya semakin kuat.

Baca juga : Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati yang Digandrungi Indra Safri...

Saat bersantap, Gil juga menyajikan pao de queijo, roti keju Brasil yang ternama. Roti ini disebutkan oleh Gil banyak dijual sebagai jajanan jalanan Brasil. Tektur sangat kenyal dan garing dibagian luar, rasa gurih serta harum keju menggoda siapa pun untuk menyantapnya. Terutama dalam kondisi masih hangat.

Secara keseluruhan, rasa makanan Brasil ternyata mirip dengan rasa makanan khas Nusantara. Sebab ada banyak penggunaan rempah dan daun ketumbar. Kemiripan ini membuat tamu tak sulit untuk menikmati masakan Gil. 

Aneka kuliner Brasil Kompas.com/Silvita Agmasari Aneka kuliner Brasil
Bagi yang ingin merasakan masakan Rafael Gil yang asli kelahiran Brasil, dapat mengikuti sesi makan Rafa's Private Kirchen di Keraton at The Plaza Hotel Jakarta. Tersedia tujuh makanan dalam menu khas Brasil.

"Oleh karena saya suka memasak, saya juga suka berbagi makanan yang enak dengan sahabat dan keluarga. Kosep Rafa's Private Kitchen ini hadir dari ide untuk mengajak teman ke rumah saya dan memberikan mereka makanan yang disukai," kata Rafa.

Sesi makan spesial Brasil ini dapat dipesan dengan minimal order untuk empat orang, yang dihargai untuk satu orang sebesar Rp 998.000++. Juga tersedia bar bagi tamu untuk membuat sendiri cocktail ala Negeri Samba. Pemesanan diharuskan dilakukan dua hari sebelum kedatangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com