Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Wisata Alam Menakjubkan di Ternate, Maluku Utara

Kompas.com - 15/03/2018, 16:31 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ternate merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Maluku Utara. Kota yang memiliki banyak benteng tersebut memang terkenal dengan wisata sejarahnya. Ternate juga terkenal oleh sejarah rempah dan kerajaannya.

Baca juga : Menikmati Panorama Kota Ternate dari Atas Danau Laguna

Meski begitu, bentang alam Ternate juga terkenal akan keindahannya terutama soal wisata bahari. Berikut KompasTravel rangkum lima destinasi menakjubkan yang ada di Ternate, rekomendasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ternate.

1. Pantai Sulamadaha

Pantai berpasir hitam yang eksotis ini dekat dengan Pulau Hiri, salah satu spot diving populer di Ternate. Selain eksotis karena pasir hitam lembutnya, pantai ini juga memiliki pemandangan pegunungan dan pulau-pulau di seberangnya.

Wisatawan bisa menikmati perjalanan melintasi pulau menggunakan kapal-kapal bermesin milik masyarakat. Warga sekitar juga banyak menjajakan kudapan tradisional di sisi pantai, yang tentunya bisa dicoba wisatawan.

2. Hol Sulamadaha

Wisatawan berperahu di Pantai Sulamadaha di Ternate, Maluku Utara, Selasa (15/4/2014). Pantai ini merupakan salah satu objek wisata favorit di Ternate. Selain perairannya yang tenang, pantai ini juga memiliki keindahan terumbu karang dan ikan.KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Wisatawan berperahu di Pantai Sulamadaha di Ternate, Maluku Utara, Selasa (15/4/2014). Pantai ini merupakan salah satu objek wisata favorit di Ternate. Selain perairannya yang tenang, pantai ini juga memiliki keindahan terumbu karang dan ikan.

Hol Sulamadaha merupakan teluk yang bersebelahan dengan obyek wisata Pantai Sulamadaha, bisa ditempuh hanya dengan 10 menit berjalan kaki dari sana. Keduanya terletak 14 kilometer dari pusat Kota Ternate.

Di sinilah salah satu taman laut yang menakjubkan di Ternate. Ratusan spesies ikan yang hidup di sini menjadikan tempat ini sangat ideal untuk diving dan snorkeling.

3. Pantai Tobololo

Ini adalah satu-satunya pantai yang memiliki pasir putih di Pulau Ternate. Berlokasi di Jalan Batu Angus, Kecamatan Togafo, Kota Ternate, Maluku Utara. Uniknya di sini terdapat sumber air panas yang tak jauh dari bibir pantai.

Kenikmatan lainnya ialah air laut yang bersih serta riak ombak yang menjilat bibir pantai, rumpun pohon sagu yang menyejukkan, serta lembar nyiur yang diterpa hembusan angin laut.

4. Danau Laguna

Wisatawan sedang menikmati pemandangan Pulau Maitara, Pulau Tidore, dan Danau Laguna di Desa Fitu, Ternate, Maluku Utara, Minggu 28/05/2017. Pemandangan di bagian belakang uang seribu rupiah menampilkan lukisan Pulau Tidore, Pulau Maitara dan aktivitas nelayan menjala ikan menjadi penambah sisi humanis di lukisan uang seribu rupiah tersebut.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Wisatawan sedang menikmati pemandangan Pulau Maitara, Pulau Tidore, dan Danau Laguna di Desa Fitu, Ternate, Maluku Utara, Minggu 28/05/2017. Pemandangan di bagian belakang uang seribu rupiah menampilkan lukisan Pulau Tidore, Pulau Maitara dan aktivitas nelayan menjala ikan menjadi penambah sisi humanis di lukisan uang seribu rupiah tersebut.

Danau Laguna terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara. Berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat Kota Ternate. Tempat ini kerap disebut Danau Ngade.

Danau Laguna disebut-sebut cocok bagi yang ingin mengasingkan diri dari hiruk-pikuk kebisingan. Wisatawan dimanjakan dengan bentangan panorama danau yang dikelilingi bukit hijau, laut biru, dan kokohnya pegunungan.

Selain menikmati keindahannya, wisatawan juga bisa memancing ikan air tawar di sini. Danau ini memang menjadi salah satu destinasi wisata pemancingan alami oleh pengelolanya.

5. Batu Angus

Tempat wisata Batu Angus, satu dari sekian tempat wisata yang menjadi andalan Ternate, Maluku UtaraKOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN Tempat wisata Batu Angus, satu dari sekian tempat wisata yang menjadi andalan Ternate, Maluku Utara

Wisata ini merupakan perbukitan yang berada di Jalan Batu Angus, Tobololo, Kota Ternate, Maluku Utara.

Uniknya dataran tinggi ini terbangun dari kumpulan bebatuan dari lahar panas Gunung Gamalama yang meletus pada tahun 1673. Wujudnya seperti stalaktit hitam yang muncul dari dalam bumi.

Perbukitan dengan batuan hitam dijaga hijaunya Gunung Gamalama, berpadu dengan pemandangan birunya laut dari ketinggian, sungguh hal yang harus dikunjungi saat Anda melancong ke Ternate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com