Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngidam Mie Kangkung di Jakarta? Coba Pesan di Sini

Kompas.com - 18/03/2018, 14:28 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari mie ayam adalah hal yang mudah di Jakarta. Tetapi mencari mie kangkung, lain permasalahannya. Penjual mie kangkung tidak seperti mie ayam yang merajalela. Padahal kuliner satu ini juga membuat rindu. Kuah rasa manis gurih dan aroma jeruk limo, bercampur dengan daging ayam dan mie. Hmmm, membayangkannya saja membuat nafsu makan menjadi-jadi.

Jika bingung mencari mie kangkung di Jakarta, cobalah mampir ke Kedai Oma Evie. Kedai mie kangkung ini terletak di Jalan Pademangan II Nomor 239, Jakarta Utara. Jika tak mau repot mampir ke Pademangan, mie kangkung buatan Oma Evie ini bisa dipesan via layanan ojek online.

"Mie kangkung aslinya dari daerah Tangerang, konon yang buat orang China Benteng. Zaman dulu jualannya dipikul, tetapi sekarang sudah semakin jarang," kata pengelola Kedai Oma Evie, Eviyanti Kristianto saat ditemui KompasTravel di kedainya, Sabtu (17/3/2018).

Baca juga : Sulitnya Membuat Mie Soba Jepang, Tak Segampang Menyantapnya...

Eviyanti menjamin kehalalan mie kangkungnya. Keistimewaan lainnya dari mie kangkung Kedai Oma Evie terletak pada kuah kaldu dan topping ayam. Kuah kaldu terasa manis dari kecap, gurih dari ayam dan ebi, topping daging dada ayam lembut, dengan bumbu terserap sempurna dalam jumlah yang royal.

Laksa bihun kuah kuning yang dijual di Kedai Oma Evie, Pademangan, Jakarta Utara.Dok. Kedai Oma Evie Laksa bihun kuah kuning yang dijual di Kedai Oma Evie, Pademangan, Jakarta Utara.

"Memang kaldunya itu dibuat seharian, biar meresap sempurna," kata Eviyanti.

Kuah mie kangkung semakin nikmat saat diberi perasan jeruk limo dan sambal pedas. KompasTravel sampai menyantap tetes kuah penghabisan. Untuk mie, yang digunakan adalah mie kuning berukuran besar dan kangkung tiga perempat matang.

Baca juga : 5 Mie Kocok Legendaris di Bandung

Sebenarnya bukan kali pertama KompasTravel mencicipi mie kangkung Kedai Oma Evie. Sebelumnya mie kangkung dibungkus dan ternyata rasanya tetap konsisten, tidak pernah berubah. Begitu pula dengan besarnya porsi saat makan di tempat atau dibungkus.

Selain mie kangkung, Kedai Oma Evie juga menjual laksa ayam, gado-gado siram, lumpia isi bengkuang, dan ayam penyet cabe ijo. Oma Evie yang juga membuka katering, sering menghadirkan makanan temporer seperti nasi bakar atau nasi liwet.

Ayam penyet cabe ijo di Kedai Oma Evie, Pademangan, Jakarta. Dok. Kedai Oma Evie Ayam penyet cabe ijo di Kedai Oma Evie, Pademangan, Jakarta.

Rekomendasi KompasTravel bagi yang doyan menyantap hidangan pedas, Anda dapat memilih ayam penyet cabe ijo. Biasanya sambal cabai hijau tidak terlalu pedas, namun sambal Kedai Oma Evie sangat pedas! Jangan lupa untuk meminta sambal terasinya yang membuat nagih. Bisa dipadukan dengan laksa atau ayam penyet cabe ijo.

Seporsi mie kangkung di Kedai Oma Evie ini dihargai Rp 25.000 untuk Original (topping ayam) dan Rp 30.000 untuk topping udang. Sedangkan ayam penyet cabe ijo lengkap dengan lalap, tempe, tahu, dan nasi putih dihargai Rp 25.000. Satu potong lumpia berukuran besar hanya Rp 5.000. Terjangkau bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com