Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Seniman Melukis "Pulau" Bersejarah di Bogor

Kompas.com - 19/03/2018, 06:28 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf memimpin puluhan seniman mural Bogor melukis di sepanjang tembok destinasi wisata Pulo Geulis, pulau bersejarah di Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018) pagi.

Destinasi yang sarat akan sejarah, budaya, dan pluralisme tersebut dipercantik dan dikukuhkan menjadi "Kampung Mural Pulo Geulis". Kisah sejarah, kebudayaan, dan nilai pluralismenya dituangkan ke dalam seni mural sepanjang satu kilometer.

"Memang kini kian banyak destinasi wisata buatan, yang istagramable karena warna-warninya. Tapi di sini coretannya harus menceritakan tentang destinasinya, dari sejarah sampai kuliner," tutur Triawan Munaf, saat mengikuti kegiatan tersebut.

Baca juga : Melihat Sisa-sisa Peninggalan Sejarah di Pulo Geulis Kota Bogor

Ia beserta CEO Panorama Group, Budi Tirtawisata, Direktur PT Propan Raya, Yuwono Imanto turut serta dalam pembuatan beberapa mural di sana. Kegiatan yang bertujuan mempercantik destinasi wisata Bogor ini merupakan program lanjutan dari 1O1 Travel Sketch edisi Bogor yang diselenggarakan pada tanggal 28-29 Oktober 2017.

"Kami bermaksud untuk menjadikan Pulo Geulis sebagai kampung tujuan wisata kekinian yang akan diberi nama Kampung Mural Pulo Geulis,” ujar Budi Tirtawisata, CEO Panorama Group, di Pulo Geulis, Bogor.

Kunjungan Kepala Bekraf, Triawan Munaf ke Pulo Geulis, Bogor, Jawa Barat, dalam acara memperindah destinasi wisata tersebut jadi wisata mural Pulo Geulis, Bogor, Minggu (18/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kunjungan Kepala Bekraf, Triawan Munaf ke Pulo Geulis, Bogor, Jawa Barat, dalam acara memperindah destinasi wisata tersebut jadi wisata mural Pulo Geulis, Bogor, Minggu (18/3/2018).
Ia berharap cerita-cerita yang tertuang dalam mural di sana akan viral di media sosial. Sehingga mengundang wisatawan untuk berkunjung menikmati ragam potensi yang ada di Bogor, terutama Pulo Geulis tersebut.

Baca juga : Wisata Pluralisme di Pulo Geulis Bogor

Selain didukung oleh THE 1O1 Bogor Suryakancana dan Pemerintah Kota Bogor, khususnya Kelurahan Babakan Pasar, kegiatan pengecatan mural ini juga didukung PT Propan Raya, perusahaan cat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)-nya.

"Kita melihat rekomendasi dari Bappeda, Dinas Pariwisata memang lokasi ini punya daya tarik yang unik di Bogor. Jadi kita dukung bukan hanya sekadar warna-warni, tapi terkonsep menarik," kata Direktur PT Propan Raya, Yuwono Imanto, dalam kesempatan yang sama.

Puluhan seniman mural yang terlibat mempercantik destinasi wisata ini berasal dari komunitas lokal Bogor yang meliputi Bogor Sketchers, Swapiness, dan Raincity Artholic.

Bidang yang akan dimural dibagi menjadi empat zona, yaitu zona ucapan selamat datang, zona kuliner, sejarah Pulo Geulis, dan zona komik. Total luas bidang yang akan dimural mencapai 1.000 meter persegi.

Puluhan seniman sedang membuat mural untuk memperindah destinasi wisata Pulo Geulis, jadi Wisata Mural Pulo Geulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Puluhan seniman sedang membuat mural untuk memperindah destinasi wisata Pulo Geulis, jadi Wisata Mural Pulo Geulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018).
Tidak hanya melulu tentang mural, para penduduk Pulo Geulis yang rata-rata memiliki usaha dagang yang masuk ke dalam komunitas kuliner UKM Kota Bogor ikut meramaikan program ini melalui gerai-gerai makanan jajanan khas lokal Bogor di area acara kick off nantinya.

Lokasi Pulo Geulis memang berbentuk pulau yang berada di tengah-tengah sungai/kali Ciliwung. Pulo Geulis terletak di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, yang jaraknya tidak jauh dari Tugu Kujang, landmark Kota Bogor.

Di sini juga terdapat kelenteng tertua di Kota Bogor, yaitu Kelenteng Phan Ko Bio. Tempat yang sangat kental dengan nilai-nilai pluralisme dari suku, budaya, dan agama, kini siap dipercantik dan menjadi magnet wisata sejarah baru yang paling memikat di Kota Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com