Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Merasakan Langsung Tradisi Suku Maori Seperti Jokowi

Kompas.com - 22/03/2018, 12:10 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kunjungan kenegaraannya ke Selandia Baru, Senin (19/3/2018), Presiden Joko Widodo disambut dengan upacara adat suku Maori. Presiden Jokowi berinteraksi langsung dan mencoba salam hongi yang khas.

Dalam upacara penyambutan tersebut, Presiden Jokowi diperlihatkan tarian haka, yang biasa digunakan suku Maori menjatuhkan mental lawan sebelum perang. Setelah itu ia disambut hangat dengan salam hongi dengan para tetua Maori.

Anda pun dapat merasakan beragam keunikan budaya suku Maori saat berkunjung ke Selandia Baru. Namun, berbeda dengan tamu kenegaraan, Anda harus mengunjungi tempat-tempat keberadaan suku tersebut di Selandia baru.

KompasTravel merangkum tempat-tempat terbaik untuk menyatu dengan budaya suku Maori, dikutip dari siaran resmi Tourism New Zeland, Selasa (21/3/2018).

Kawasan Marae menjadi tempat paling direkomendasikan untuk merasakan budaya suku terbesar di Selandia Baru ini.

Belajar tari Haka, tari perang khas Maori di Temaki Village, Rotorua, Selandia Baru.Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Belajar tari Haka, tari perang khas Maori di Temaki Village, Rotorua, Selandia Baru.
Berbagai tur di seluruh Selandia Baru, termasuk Northland, Auckland, Rotorua, dan Canterbury, menyediakan sambutan tradisional ala M?ori bagi wisatawan yang berkunjung ke Marae.

Di Marae, Anda akan langsung disambut dengan warga lokal suku Maori dengan salam hongi. Salam hongi merupakan ritual tradisional saling menempelkan hidung di saat yang bersamaan.

Wisatawan juga dapat mendengar pidato dan nyanyian Maori, secara langsung di pemukimannya. Di kawasan tersebut juga terdapat whare whakairo, yaitu rumah pertemuan yang penuh dengan ukiran. Mulai dari ukiran yang menceritakan sejarah dan leluhur Maori di marae.

Jangan khawatir saat lapar melanda, Anda bisa menikmati hidangan hangi, hidangan lokal yang dimasak dengan oven bumi.

Hangi, aneka bahan makanan dimasak dengan cara tradisional khas Maori. Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Hangi, aneka bahan makanan dimasak dengan cara tradisional khas Maori.
Selain Marae, Kota Rotorua pun punya jejak-jejak maori yang bisa dinikmati wisatawan. Anda bisa mengunjungi Te Puia, Insitusi Seni dan Kerajinan Maori.

Di Te Puia pengunjung berkesempatan untuk melihat pertunjukan budaya Maori, burung kiwi hidup, tempat pemandian lumpur hangat, tanaman asli New Zealand, serta Sekolah Nasional Ukiran dan Tenun Kayu.

Anda juga dapat mengunjungi Whakarewarewa Living Thermal Village, Desa Maori di Rotorua yang otentik dan masih aktif dengan berbagai tempat pemandian air panas khas Maori. Di sini pengunjung dapat merasakan adat-istiadat, tradisi, dan cara hidup orang Maori di lingkungan asli mereka.

Pemahat kerajinan kayu khas Maori, di Te Puia, Selandia Baru. Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Pemahat kerajinan kayu khas Maori, di Te Puia, Selandia Baru.
Untuk menelusuri sejarah suku Maori, Anda perlu mengunjunjungi Waitangi Treaty Grounds di Bay of Islands. Tempat ini merupakan lokasi bersejarah, di mana dokumen penemuan New Zealand ditandatangani pada tahun 1840 (Perjanjian Waitangi).

Di Treaty Grounds Anda bisa mengunjungi Museum Waitangi Te Kongahu, Treaty House, rumah pertemuan yang penuh dengan ukiran, dan kano perang yang terbesar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com