Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tahun Jadi Bandara Terbaik Dunia, Apa Keistimewaan Changi?

Kompas.com - 25/03/2018, 08:10 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Selama enam tahun berturut-turut, Bandara Changi Singapura dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia oleh Skytrax. Dalam ajang pernghargaan bergengsi di industri penerbangan tersebut, Changi bersaing dengan 550 bandara dunia.

"Terpilih sebagai ‘Bandar Udara Terbaik Dunia’ enam tahun berturut-turut adalah sebuah pencapaian luar biasa bagi Bandara Changi Singapura, serta merupakan bukti akan
popularitas Bandara Changi di antara para pelancong udara," kata CEO Skytrax, Edward Plaisted, sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Kamis (22/3/2018).

Plaisted mengatakan bahwa Bandara Changi unggul karena fokus dalam membuat pengalaman bepergian di bandara menjadi nyaman dan praktis, dan terus berinovasi dengan produk dan layanan baru.

Baca juga: Cerita Oddie Rehatta, Pemenang Undian Rp 10 Miliar di Bandara Changi

Sebagai gambaran, Bandara Changi merupakan hub udara di Asia Pasifik. Bandara ini melayani lebih dari 100 maskapai, menghubungkan Singapura ke lebih dari 400 kota di 100 negara di seluruh dunia. Sekitar 7.200 penerbangan beroperasi di Bandara Changi setiap satu minggu atau sekitar satu penerbangan setiap 90 detik.

Self check in kiosk di Terminal 4 Bandara Changi, Singapura, dihiasi dengan karakter Sanrio family.KOMPAS.COM/NURSITA SARI Self check in kiosk di Terminal 4 Bandara Changi, Singapura, dihiasi dengan karakter Sanrio family.

Pada 2017, ada lebih dari 62,2 juta penumpang melewati Bandara Changi dan menjadikan bandara ini tersibuk keenam di dunia.

Saat ini, Bandara Changi memiliki empat terminal. Rencananya, pada awal 2019, akan dibuka kompleks dari baja dan kaca yang disebut Jewel Changi Airport. Kompleks ini akan menghubungkan seluruh terminal sehingga dapat ditempuh oleh pelancong dengan berjalan kaki.

Dari mana pendapatan Bandara Changi?

Dengan berbagai inovasi yang dihadirkan oleh Bandara Changi, tentu biayanya tidak murah. Namun, hal yang menarik dari Bandara Changi sebenarnya bukan hanya posisinya sebagai air hub, melainkan juga pusat hiburan dan perbelanjaan di Singapura.

Bisnis ritel diakui berkontribusi terhadap hampir setengah dari total pendapatan pengelola bandara, Changi Airport Group.

Enam finalis yang mendapatkan undian lucky draw dalam acara grand final Be A Changi Millionaire untuk mendapatkan hadiah mobil Volvo S90, di Terminal 4 Bandara Changi, Singapura, Minggu (21/1/2018).KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH Enam finalis yang mendapatkan undian lucky draw dalam acara grand final Be A Changi Millionaire untuk mendapatkan hadiah mobil Volvo S90, di Terminal 4 Bandara Changi, Singapura, Minggu (21/1/2018).

"Pendapatan dari bisnis ritel yang berkembang ini telah memperkuat posisi Changi sebagai penghubung udara global karena memungkinkan CAG untuk menjaga biaya yang berhubungan dengan penerbangan agar tetap bersaing," begitu tulis siaran pers.

Total ada 400 gerai ritel dan 140 gerai makanan dan minuman di Bandara Changi. Selain konsep ritel inovatif, Bandara Changi juga sering menggelar kampanye dan program seperti seperti 'Be a Changi Millionaire' yang kebetulan beberapa kali dimenangkan pelancong asal Indonesia. Berbagai program marketing tersebut disebutkan berkontribusi terhadap pencapaian penjualan ritel di Bandara Changi yang tinggi pada tahun 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com