Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Black Hole River Tubing, Wisata "Ngeri-ngeri Sedap" di Kulon Progo

Kompas.com - 31/03/2018, 21:46 WIB
Dani Julius Zebua,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com – Gorong-gorong sebuah jembatan rupanya bisa menjadi lokasi wisata. Wisatawan bisa menghanyutkan diri dalam aliran irigasi penuh air berwarna coklat kopi sejauh 400 meter. Wisatawan pun harus masuk ke kolong yang sangat gelap sepanjang 50 meter. Seram dan bikin jantung berdegup kencang.

Itulah mengapa wisata ini dinamakan Black Hole River Tubing. Teriakan sekelompok wisatawan yang mencobanya terdengar dari lubang keluar gorong-gorong. Tak lama, histeris berubah senang. Seiring air mengalir, mereka juga keluar gorong-gorong sambil bersorak tidak karuan dan mengacungkan tinju ke langit.

“Menegangkan. Adrenalin naik di dalam terowongan itu. Hati-hati, antisipasi sejak dini di dalam sana, kalau tidak bisa meminum air irigasi. Intinya, arahan pemandu harus didengarkan. Hanyutlah telentang di irigasi supaya tidak menelan air,” kata Minarno asal Kecamatan Temon, Kulon Progo, DI Yogyakarta, setelah ke luar dari air itu bersama 15 orang lainnya.

Baca juga : Ke Kulon Progo, Yuk Mampir ke Spot Instagramable di Watu Tekek

Mereka semua, termasuk Minarno, melepaskan semua alat keselamatan yang dipakai selama hanyut dalam Black Hole River Tubing yakni jaket pelampung dan helm untuk kano. Mereka lantas menyerahkan jaket dan helm itu ke orang lain yang tengah antre untuk menikmati hanyut di irigasi atau pengairan sawah.

Bermain di irigasi lalu masuk ke gorong-gorongnya memang tidak terpikirkan. Tapi, menurut Minarno, ini jadi pengalaman tidak terlupakan. “Tidak akan kulupa ini,” katanya.

Bermain air di irigasi merupakan salah satu dari beragam permainan yang bisa dinikmati di sebuah komplek outbond Dolandeso Boro di Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta. Komplek ini berada di antara sawah, saluran irigasi, kolam, sungai dan pedesaan dengan latar belakang Pegunungan Menoreh.

Balck Hole River Tubing merupakan kegiatan menghanyutkan diri di sebuah irigasi di Desa Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Permainan ini hanya untuk orang dewasa. Ini merupakan salah satu kegiatan outbound di destinasi Dolandeso.KOMPAS.com/DANI J Balck Hole River Tubing merupakan kegiatan menghanyutkan diri di sebuah irigasi di Desa Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Permainan ini hanya untuk orang dewasa. Ini merupakan salah satu kegiatan outbound di destinasi Dolandeso.
Dolandeso menyelaraskan semua kekayaan alam itu sebagai potensi piknik yang bisa dinikmati dengan cara outbound.

“Tidak untuk perorangan. Kami menawarkan bentuk paket untuk kelompok,” kata Aditiya Kurnia, salah seorang pengelola di Dolandeso.

Baca juga : Jembatan Gantung di Kulon Progo Ajak Wisatawan Uji Nyali, Berani?

Alam memang sudah tersedia dan tinggal dinikmati secara bijak. Tidak perlu dirusak, tidak perlu diubah, tidak perlu ditambah atau dikurangi. Wisatawan hanya tinggal menyelaraskan diri dengan semua potensi alam itu.

Dolandeso cukup pandai mengemas potensi itu menjadi tempat bermain yang menyenangkan sekaligus menantang. Mereka membuat beragam paket bermain dengan alam berdasar usia.

Sawah, misalnya. Petak lahan tanah yang terendam air bisa jadi arena anak-anak menikmati permainan dengan kerbau pembajak. Kalau tidak takut kotor, silahkan saja menceburkan diri di kubangan sawah itu. Mereka bisa memberanikan diri memegang kerbau atau ikut naik bajak sawah berkeliling petak. 

Anak bermain dengan bajak, kerbau, maupun berkubang itu dikemas dalam paket Petualangan Cilik. Ini kegiatan kreatif dan edukatif yang pesertanya untuk anak-anak kecil. Mereka akan merasakan bagaimana rasanya di sawah, mulai dari ikut menanam padi hingga memegang kerbau pembajak sawah. Kalau punya sedikit nyali lagi, anak-anak bisa naik alat bajak sawah yang sedang diseret oleh kerbau keliling petak sawah.

Ada kegiatan membajak sawah yang bisa dinikmati di Desa Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Ini merupakan salah satu kegiatan outbound di destinasi Dolandeso.KOMPAS.com/DANI J Ada kegiatan membajak sawah yang bisa dinikmati di Desa Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Ini merupakan salah satu kegiatan outbound di destinasi Dolandeso.
“Ada edukasi yang kami berikan. Anak misal jijik waktu lihat kerbaunya buang air, kami yang menerangkan bahwa semua itu bagian dari proses menyuburkan tanah. Jadi anak-anak tidak jijik,” kata Aditya. 

Baca juga : Jalan-jalan ke Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo, Oh Indahnya...

Beda usia, beda paket kegiatan. Dari yang sekadar pengenalan pada potensi desa, sampai yang memacu adrenalin. Black Hole River Tubing tadi menjadi salah satu pilihan menantang. Untuk mereka yang dewasa, tentu paket permainan arung jeram di Sungai Progo bisa jadi alternatif.

Bisa juga bersepeda keliling desa, wisata budaya pedesaan, paint ball, dan camping. Soal keamanan, semua kegiatan menantang menggunakan alat perlindungan diri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com